Segera Dibuka, Simak Cara Daftar dan Formasi di Seleksi CPNS 2024

Badan Kepegawaian Negara (BKN) segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024. Simak cara daftar hingga formasi seleksi CPNS 2024.

Segera Dibuka, Simak Cara Daftar dan Formasi di Seleksi CPNS 2024
Segera Dibuka, Simak Cara Daftar dan Formasi di Seleksi CPNS 2024. Gambar : Dokumentasi Kementerian PANRB

BaperaNews - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengungkapkan proses persiapan untuk membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024.

Nanang Subandi, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, menjelaskan bahwa dalam menetapkan tanggal dan kuota CPNS, BKN berperan dalam pertimbangan teknis setelah menerima data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Meskipun Kementerian PANRB telah mendapatkan data dari berbagai instansi, Nanang menyatakan bahwa BKN hingga saat ini belum menerima data tersebut untuk CPNS 2024.

“Belum (diserahkan),” kata Nanang ketika dimintai keterangan mengenai proses penyerahan data kuota CPNS 2024 dari KemenPANRB kepada BKN pada Selasa (2/1). Dan, “Iya (belum),” tambah Nanang ketika ditanya mengenai proses pertimbangan teknis yang dilakukan BKN.

Menurut Nanang, pengumuman pendaftaran CPNS 2024 menjadi kewenangan KemenPANRB dan akan diumumkan secara terbuka kepada publik. 

Hal ini menjadi kunci informasi mengenai tahapan pendaftaran, formasi yang dibutuhkan, dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon pelamar.

Baca Juga : Inilah Syarat Seleksi CPNS 2024, Lulusan SMA Bisa Daftar!

Kementerian PANRB berkomitmen untuk memperbanyak kuota CPNS 2024, terutama untuk lulusan baru atau fresh graduate. 

Langkah ini diambil sebagai respons terhadap kritik dan saran yang menyuarakan kekurangan pendaftaran CPNS untuk formasi lulusan baru pada tahun 2023.

"Insyaallah untuk talenta-talenta digital dan formasi yang lain akan kita buka di 2024, sekarang sedang kita data dan perencanaan, sedang akan kita validasi dan kita perbaiki," kata Azwar Anas, pejabat di Kementerian PANRB, saat diwawancarai di Kantor Pusat BKN, Jakarta, pada Kamis (9/11).

Azwar juga menegaskan bahwa perencanaan ini sedang dalam tahap validasi dan perbaikan untuk memastikan kelancaran dan transparansi dalam seleksi CPNS 2024.

Adapun Kementerian PANRB telah menghitung jumlah kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tahun 2024, yang mencapai 1,3 juta. 

Meskipun begitu, Azwar Anas belum merinci persentase khusus yang akan diperuntukkan bagi para lulusan baru.

Informasi lebih lanjut mengenai alokasi kuota untuk fresh graduate diharapkan menjadi fokus pengumuman resmi yang akan datang dari Kementerian PANRB.

Baca Juga : Tak Hanya Guru dan Nakes, Seleksi CPNS 2024 Akan Buka Formasi Calon Hakim