Rombongan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Sleman Tertimpa Tiang Listrik di Bali

Rombongan siswa SMP Depok Sleman selamat dari kecelakaan bus saat tertimpa tiang listrik. Baca selengkapnya di sini!

Rombongan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Sleman Tertimpa Tiang Listrik di Bali
Rombongan Bus Study Tour SMPN 3 Depok Sleman Tertimpa Tiang Listrik di Bali. Gambar: Kolase Tangkapan Layar Instagram/@andreli_48

BaperaNews - Kecelakaan terjadi pada rombongan bus study tour siswa SMP Negeri 3 Depok Sleman yang sedang dalam perjalanannya di Bali.

Salah satu bus rombongan mereka tertimpa tiang listrik yang roboh saat dalam perjalanan pulang dari Bedugul menuju pelabuhan Gilimanuk pada Sabtu (18/5). Meski mengalami kejadian menegangkan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Kepala SMPN 3 Depok Sleman, Darto, memastikan bahwa seluruh siswa dan awak bus selamat dari kecelakaan bus tersebut.

"Tidak ada, semua selamat. Jadi alhamdulillah semua selamat tadi pagi sudah pulang ke rumah masing-masing," ujarnya.

Menurutnya, bus yang tertimpa tiang listrik mengalami kerusakan pada bagian kaca belakang sebelah kiri dekat toilet, namun kerusakannya tidak parah.

Peristiwa ini menjadi sorotan karena kejadian tersebut sempat viral di media sosial. Dalam perjalanan pulang ke Jogja, bus yang mengalami kecelakaan akhirnya diganti untuk menghindari trauma pada siswa. Meski sempat ada yang syok, guru yang mendampingi memberikan pendampingan sehingga suasana kembali tenang.

Baca Juga: Terjadi Lagi, Bus Pariwisata Kecelakaan di Toba Tabrak Pejalan Kaki, 2 Orang Tewas

Darto menegaskan bahwa kecelakaan bus tersebut bukan disebabkan oleh kelalaian sopir atau awak bus.

"Ini bukan kesalahan sopir bus. Karena menurut keterangan warga sekitar, kejadian itu (tiang listrik roboh) sudah terjadi tiga kali," jelasnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kejadian tersebut mengganggu jadwal perjalanan rombongan. Rombongan bus SMPN 3 Depok Sleman yang tertimpa tiang listrik harus membuat laporan ke kantor kepolisian terkait insiden tersebut. Namun, siswa akhirnya sampai dengan selamat di DIY dan telah kembali ke rumah masing-masing.

"Tadi sampai sekolah sekitar 11.30, jam 13.00 mungkin sudah kosong (sudah dijemput orang tua masing-masing), semua selamat," jelas Darto.

Dalam insiden ini, fokus utama adalah keselamatan siswa yang terlibat dalam rombongan bus study tour SMPN 3 Depok Sleman. Meskipun mengalami kejadian yang menegangkan, keberhasilan evakuasi dan respons cepat dari pihak sekolah dan pendamping membuat seluruh rombongan bisa kembali dengan selamat.

Baca Juga: Polisi Tetapkan Sopir Bus SMK Lingga Kencana yang Tewaskan 11 Orang jadi Tersangka