Resmi! 12 Parpol Deklarasi Usung Ridwan Kamil - Suswono Maju Pilgub Jakarta

12 partai politik secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka untuk Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta 2024.

Resmi! 12 Parpol Deklarasi Usung Ridwan Kamil - Suswono Maju Pilgub Jakarta
Resmi! 12 Parpol Deklarasi Usung Ridwan Kamil - Suswono Maju Pilgub Jakarta

BaperaNews – Sebanyak 12 partai politik secara resmi mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Ridwan Kamil dan Suswono untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Deklarasi ini berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, pada Senin (19/8), menandai awal resmi kampanye pasangan ini yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (Plus).

Ridwan Kamil, yang dikenal sebagai tokoh populer dengan rekam jejak sukses sebagai Gubernur Jawa Barat, dipasangkan dengan Suswono, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan mantan Menteri Pertanian.

Keduanya tampak serasi dengan mengenakan kemeja putih dalam acara deklarasi, yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, disusul pembacaan doa oleh Sekretaris PKS Jakarta, Abdul Aziz.

Dalam acara tersebut, ke-12 Sekretaris Jenderal (Sekjen) partai pendukung memberikan sambutan yang menggarisbawahi komitmen mereka untuk memenangkan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub Jakarta. Partai-partai yang memberikan dukungan antara lain Gerindra, PSI, Golkar, Demokrat, PAN, PKB, PKS, Perindo, Gelora, PPP, PBB, dan NasDem.

"Dengan tekad kita membawa Jakarta Maju dan Jakarta Baru, insyaallah mimpi-mimpi Jakarta yang lebih baik dapat diwujudkan," ujar Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dalam sambutannya.

Baca Juga: Agus Gumiwang Sebut Bahlil Ketum Golkar Selanjutnya saat Reshuffle Kabinet

Ia menekankan pentingnya persatuan dan kerja sama di antara partai-partai tersebut untuk merealisasikan visi Jakarta yang lebih progresif.

Deklarasi dukungan secara resmi dibacakan oleh Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani, yang menyampaikan harapan besar dari koalisi untuk kemajuan Jakarta.

"Dengan mengharapkan rahmat Allah Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Senin 19 Agustus 2024, kami partai politik yang tergabung dalam koalisi Jakarta Baru untuk Jakarta Maju menyatakan mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur DKI Jakarta tahun 2024. Serta siap memenangkan Ridwan Kamil dan Suswono menjadi gubernur dan wakil gubernur Jakarta periode 2024-2029," ucap Muzani.

Setelah pembacaan deklarasi, para Sekjen dari 12 partai politik tersebut menandatangani piagam deklarasi sebagai simbol kesepakatan dan komitmen mereka. Ridwan Kamil dan Suswono juga terlihat bersalam komando, menandai awal kerja sama yang akan mereka bangun untuk merebut kursi nomor satu di DKI Jakarta.

Suswono, yang dikenal sebagai politisi senior dari PKS dan mantan Menteri Pertanian, telah lama disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk posisi wakil gubernur. 

Baca Juga: Jika Tanpa Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi Dipastikan Paling Teratas di Pilkada Jabar