Ranny Fahd A Rafiq Imbau Masyarakat akan Pentingnya Jaga Kesehatan Melalui Imunisasi dan Skrining

Ranny Fahd A Rafiq, menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mengikuti imunisasi serta melakukan skrining kesehatan secara rutin.

Ranny Fahd A Rafiq Imbau Masyarakat akan Pentingnya Jaga Kesehatan Melalui Imunisasi dan Skrining
Ranny Fahd A Rafiq Imbau Masyarakat akan Pentingnya Jaga Kesehatan Melalui Imunisasi dan Skrining. Gambar : Istimewa

BaperaNews -  Anggota DPR RI, Ranny Fahd A Rafiq, menghimbau masyarakat untuk semakin peduli terhadap kesehatan diri dan keluarga dengan mengikuti imunisasi serta melakukan skrining kesehatan secara rutin. Langkah ini merupakan upaya penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah penyakit sejak dini.

“Imunisasi dan skrining kesehatan adalah dua komponen utama yang dapat mencegah penyakit menular dan tidak menular. Dengan menjaga kesehatan sejak awal melalui tindakan preventif, kita bisa mengurangi beban kesehatan masyarakat serta menekan biaya pengobatan yang lebih besar di masa depan,” ujar Ranny Fahd A Rafiq .

Ranny Fahd juga menekankan bahwa imunisasi tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga penting bagi orang dewasa dan lansia. Beberapa vaksinasi seperti vaksin flu, hepatitis, dan COVID-19 disarankan untuk orang dewasa, terutama mereka yang berisiko tinggi.

Strategi menjaga kesehatan masyarakat melalui upaya promotif dan preventif, menurut Ranny Fahd, adalah bagian integral dari transformasi layanan kesehatan primer yang sedang berlangsung di Indonesia.

Transformasi ini merupakan salah satu pilar utama dalam rencana reformasi kesehatan nasional yang menekankan penguatan layanan kesehatan di tingkat primer.

Baca Juga : Ranny Fahd A Rafiq Apresiasi Peluncuran Peta Jalan Eliminasi Malaria oleh Kemenkes

“Kita harus fokus pada aktivitas promotif dan preventif. Masyarakat yang sehat akan tercipta dari kebiasaan hidup sehat dan akses terhadap layanan kesehatan yang mudah dan terjangkau. Imunisasi dan skrining kesehatan adalah salah satu cara efektif untuk mendukung tujuan ini,” tambahnya.

Transformasi layanan kesehatan primer bertujuan untuk memperkuat aktivitas promotif dan preventif guna menciptakan masyarakat yang lebih sehat.

Salah satu fokus utamanya adalah perbaikan skrining kesehatan, seperti deteksi dini penyakit kronis seperti hipertensi dan diabetes, yang sering kali terlambat terdeteksi. 

Selain itu, peningkatan kapasitas layanan kesehatan primer diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan merata.

Dengan peningkatan akses terhadap imunisasi dan skrining kesehatan, diharapkan Indonesia mampu mencapai derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik, sejalan dengan visi pemerintah untuk memperkuat layanan kesehatan primer.

Ranny Fahd A Rafiq mengajak seluruh lapisan masyarakat dan pihak terkait untuk terus mendukung upaya ini demi kesehatan bangsa yang lebih baik di masa depan.