PM Singapura Lawrence Wong Naik Pesawat Kelas Ekonomi untuk Hadiri KTT ASEAN 2024 di Laos

Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong tuai pujian setelah memilih terbang kelas ekonomi ke KTT ASEAN Laos, tampilkan kerendahan hati dan kesederhanaan.

PM Singapura Lawrence Wong Naik Pesawat Kelas Ekonomi untuk Hadiri KTT ASEAN 2024 di Laos
PM Singapura Lawrence Wong Naik Pesawat Kelas Ekonomi untuk Hadiri KTT ASEAN 2024 di Laos. Gambar : Kolase Tangkapan Layar X/@360nhatot

BaperaNews - Perdana Menteri Singapura, Lawrence Wong, mendapat sorotan publik setelah memilih terbang menggunakan pesawat komersial kelas ekonomi saat menghadiri KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos.

KTT tersebut berlangsung pada (6-11/10) dan menjadi pertemuan penting bagi para pemimpin Asia Tenggara dalam memperkuat kerja sama regional.

Lawrence Wong, yang didampingi istrinya, tiba di Vientiane menggunakan penerbangan komersial Lao Airlines.

Keputusan ini berbeda dari mayoritas pemimpin negara lain yang umumnya menggunakan pesawat khusus dalam perjalanan resmi. Dalam video yang viral di media sosial, Wong tampak disambut hangat oleh penumpang lain saat memasuki kabin pesawat.

Dalam penerbangan tersebut, para penumpang, sebagian besar warga senior, melambaikan tangan kepada Wong, yang membalasnya dengan senyuman.

Aksi ini langsung mendapatkan perhatian luas, dengan banyak yang memuji tindakan Wong sebagai cerminan kerendahan hati. Pengusaha Harsh Goenka turut membagikan video ini di media sosial pada (14/10), menambah sorotan publik terhadap tindakan Wong.

Menurut media lokal Tholakhong, langkah PM Singapura ini dianggap menunjukkan kepercayaan terhadap standar layanan dan keselamatan Lao Airlines.

Selain efisien, tindakan ini juga dipandang sebagai dukungan bagi Laos sebagai tuan rumah KTT ASEAN. Pihak Lao Airlines menyebut kehadiran Wong dan rombongan sebagai suatu kehormatan besar.

Penggunaan penerbangan komersial ini disebut oleh beberapa pengamat sebagai praktik lama di kalangan pemimpin Singapura yang sering menggunakan maskapai komersial dalam perjalanan resmi sebagai bentuk kesederhanaan.

Dalam perjalanan pulangnya ke Singapura pada (12/10), Wong kembali menggunakan penerbangan ekonomi dengan Scoot Airlines.

Video yang direkam jurnalis Channel News Asia, Leong Wai Kit, memperlihatkan Wong menaiki pesawat dan duduk di kursi bagian depan kelas ekonomi, disambut lambaian tangan dari para penumpang yang mayoritas lansia asal Singapura. 

Baca Juga : Demi Kurangi Pengeluaran Negara, Presiden Maladewa Pecat 7 Menteri dan 43 Wakil Menteri

Video ini kemudian viral dan menuai apresiasi warganet yang memuji sifat "rendah hati" dan "membumi" Wong.

Wong juga membagikan momen tersebut di akun Facebook pribadinya, berterima kasih atas sambutan hangat yang ia terima, serta menyatakan bahwa ia merasa "seperti berada di rumah sendiri" di tengah-tengah sekitar 40 penumpang lansia asal Singapura yang ikut dalam penerbangan tersebut.

Selain menghadiri KTT ASEAN, kunjungan Wong ke Laos turut menandai peringatan 50 tahun hubungan diplomatik antara Singapura dan Laos.

Ini juga menjadi pertama kalinya Wong menghadiri KTT ASEAN sejak diangkat menjadi Perdana Menteri, menggantikan Lee Hsien Loong.

Kehadirannya dalam KTT ASEAN ini dianggap sebagai langkah penting dalam memperkuat hubungan diplomatik dan ekonomi di kawasan.

Selama KTT ke-44 dan ke-45, para pemimpin Asia Tenggara menggelar berbagai pertemuan, termasuk ASEAN Inter-Parliamentary Assembly, ASEAN Plus Three Summit, hingga East Asia Summit. KTT ini juga dihadiri negara mitra ASEAN seperti Australia, Kanada, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, dan PBB.

Pada forum ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF), Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto R, menegaskan ASEAN sebagai kawasan yang terbuka dan inklusif serta berkomitmen menjaga stabilitas regional.

Langkah Wong ini mengingatkan publik pada beberapa pejabat Asia Tenggara yang pernah bepergian dengan kelas ekonomi.

Iriana Joko Widodo, istri Presiden Indonesia, pada Mei 2017 sempat terlihat di ruang tunggu kelas ekonomi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta tanpa pengawalan khusus. 

Pada 2015, Iriana juga menggunakan kelas ekonomi dalam penerbangan domestik dari Solo ke Jakarta, mendapat pujian publik atas kesederhanaannya.

Baca Juga : China Kerahkan 111 Pesawat Tempur untuk Lintasi Perbatasan Taiwan