Polda Metro Kerahkan 500 Personel Amankan Street Race Ancol

Polda metro jaya kerahkan 500 personel anggotanya untuk mengamankan acara latihan balap motor Street Race di Ancol pada (16/1/22).

Polda Metro Kerahkan 500 Personel Amankan Street Race Ancol
Ilustrasi Balap Liar. Gambar : Freepik.com/Dok. Azerbaijan

BaperaNews - Acara latihan balap motor Street Race di Jl. Kali Inspeksi Ancol yang akan diadakan hari ini Minggu 16 Januari 2022 akan diamankan 500 personel Polda Metro Jaya. Kegiatan ini sendiri diikuti sebanyak 350 pembalap motor yang tentunya akan banyak mengundang penonton baik dari kalangan komunitas motor maupun masyarakat umum.

“Kami kerahkan pasukan untuk memastikan keamanan sudah cukup banyak, sekitar 500 an, ada Kompi juga dari Brimob, dari Sabhara, dan sebagainya semua berperan mengamankan dan menjaga, jadi agar semua bisa berjalan lancar dan protokol kesehatan tetap ketat dilaksanakan” ujar Kombes Pol Sambodo Purnomo, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada Sabtu pagi 15 Januari 2022.

Personil polda metro jaya yang ditugaskan tersebut akan memeriksa dan mengawasi semua penonton yang masuk, salah satu yang penting adalah mengantisipasi, memastikan diantara mereka tidak ada yang membawa senjata tajam dan benda berbahaya lainnya, juga memastikan mereka patuh pada protokol kesehatan selama menonton acara.

Setiap penonton yang masuk kedalam acara balap motor tersebut akan diperiksa kesehatannya dulu dimana kawasan Ancol sudah menerapkan aplikasi peduli lindungi. Pendaftaran tiket sudah dibuka beberapa hari yang lalu. Satu joki boleh mendaftar pada kelas yang berbeda, namun tidak boleh lebih dari 1 x di kelas sama.

Latihan digelar dengan format drag race, ada delapan kelas yang tersedia untuk saat ini yaitu :

  1.       Sport 2 tak
  2.       Sport 4 tak
  3.       Bebek 2 tak
  4.       Bebek 4 tak
  5.       Mati 2 tak
  6.       Vespa 2 tak
  7.       FFA / Free for all
  8.       Sunmori / ban besar dan lampu menyala

Joki yang berlatih wajib pakai helm full face, jaket dan celana panjang jeans, atau baju balap, dan pakai sarung tangan serta sepatu. Usia minimal joki yang boleh ikut 17 tahun, di bawah 17 tahun wajib ada surat ijin dari orang tua untuk bisa mengikuti ajang balapan.

Street Race Ancol atau dikenal balap liar Ancol sendiri adalah kerjasama antara Polda Metro Jaya dengan Ikatan Motor Indonesia untuk memberi ruang pada para pembalap dengan memberi tempat yang aman dan nyaman, daripada mereka.

Baca Juga : Mulai Januari Balap Liar Digelar di Ancol, IMI Sediakan Peralatan Balapan Gratis