Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Pemerintah Pastikan Tempat UMKM Untuk Unjuk Produk

Menjelang MotoGp Mandalika 2022, Pemerintah memastikan tempat untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menggelar produknya. Simak informasi lengkapnya!

Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Pemerintah Pastikan Tempat UMKM Untuk Unjuk Produk
Persiapan MotoGP Mandalika 2022, Pemerintah Pastikan Tempat UMKM Untuk Unjuk Produk. Gambar: Worldsbk.com

BaperaNews - Mandalika, 13 Januari 2022, Pemerintah telah memastikan tempat bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menggelar produk unggulannya saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 berlangsung tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) mendatang.

Hal ini ditegaskan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Odo RM Manuhutu, Rabu (12/1/2022) di Mandalika.

“Sedang dikurasi pihak Bank Indonesia (BI) cabang NTB. Indikatornya adalah sisi kualitas, kesesuaian dengan tema, serta potensi pelaku. Prioritas adalah UMKM daerah,” katanya.

Odo juga menyampaikan, MotoGP Mandalika 2022 Indonesia tidak hanya akan membawa nama Indonesia ke dunia sebagai tuan rumah yang sukses, tetapi juga akan mendongkrak dampak berbagai sektor perekonomian domestik pasca pandemi COVID-19, khususnya UMKM.
 
“Tentunya menjadi tuan rumah ajang balap motor paling bergengsi di dunia ini akan berdampak positif bagi perekonomian nasional,” ujarnya. 

Hal ini disampaikan Odo yang mengikuti langsung instruksi presiden untuk mendorong partisipasi masyarakat, terutama pelaku UMKM, untuk memanfaatkan dan menggunakan ajang balap motor kelas dunia yaitu MotoGP 2022 di Mandalika untuk unjuk diri.

“Ini bentuk nyata dari keberpihakan kita terhadap UMKM khususnya lokal, terutama bagaimana mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri. Konteksnya dalam bentuk gerakan bangga buatan Indonesia,” ujar Odo menambahkan. 

Ajang MotoGP Mandalika 2022 memang membawa dampak dan optimisme khususnya pelaku UMKM. Bahkan, kata Odo, saat ini yang masih kurang lebih dua bulan sebelum penyelenggaraan berlangsung, beberapa pelaku mengaku mengalami peningkatan penghasilan.

“Tentu hal ini lah yang semua harapkan. Jauh sebelum penyelenggaran bahkan setelah penyelenggaran, kondisi ini bisa terus bertahan. Goalsnya, perekonomian masyarakat bahkan nasional terus bergerak naik,” kata Odo.

Diperkirakan jumlah penonton yang mengunjungi Mandalika secara langsung juga akan  lebih tinggi dibandingkan event dunia lainnya yang digelar di lokasi yang sama, seperti World Superbike yang berlangsung 19- 21 November 2021 lalu. 

Pemerintah dan penyelenggara pun terus melakukan persiapan dan pembenahan. Hingga saat ini, peningkatan di sekitar sirkuit dibagi menjadi Tier 1, Tier 2, dan Tier 3. Tier 1 adalah  paddock  dan area sekitarnya, Tier 2 adalah area lintasan sirkuit, dan Tier 3 adalah area penonton. 
Selain itu, pembenahan infrastruktur pendukung juga dikebut prosesnya. Misalnya jalan dari bandara di Bypass sampai dengan ke sirkuit Mandalika, akses di depan sirkuit.

Baca Juga: Kabar Gembira! Tiket MotoGP Mandalika 2022 Resmi Dijual, Ini Harga Dan Pilihan Kelasnya