Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Bandung Bikin Geger, Diduga Sudah 6 Tahun Tewas

Penemuan kerangka ibu dan anak di sebuah rumah yang diduga kosong selama enam tahun menggemparkan warga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Bandung Bikin Geger, Diduga Sudah 6 Tahun Tewas
Penemuan Kerangka Ibu dan Anak di Bandung Bikin Geger, Diduga Sudah 6 Tahun Tewas. Gambar: Ayobandung.com/Restu Nugraha

BaperaNews - Sesuatu yang menggemparkan warga terjadi di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat. Penemuan kerangka ibu dan anak di sebuah rumah yang selama ini diduga kosong membuat warga sekitar terkejut. Kejadian ini terungkap pada Senin, (29/7), saat mantan suami dari penghuni rumah tersebut datang untuk mengambil barang.

Penemuan mayat kerangka ibu dan anak, Indah Hayati (55) dan Ela Immanuel (24), pertama kali ditemukan oleh mantan suami Indah, Mudjoyo Tjandra (64). Kapolsek Padalarang, AKP Kusmawan, menjelaskan bahwa Mudjoyo menemukan kerangka tersebut saat hendak mengambil surat-surat penting di rumah tersebut.

"Posisi saat ditemukan, kerangka tersebut terbaring di tempat tidur," ungkap Kusmawan.

Mudjoyo, yang datang sekitar pukul 10.00 WIB, menemukan pintu rumah tersebut terkunci dari dalam. Ia pun meminta bantuan warga setempat untuk menjebol pintu. Setelah pintu berhasil dibuka, mereka mendapati dua sosok kerangka di tempat tidur.

"Setelah terbuka, ditemukan dua sosok kerangka di tempat tidur," tambah Kusmawan.

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, Kapolsek Padalarang mengungkapkan bahwa kedua korban diduga sudah meninggal dunia sejak enam tahun yang lalu. Hal ini diperkuat dengan kondisi rumah yang sudah lama tidak terawat. 

Baca Juga: Penemuan Mayat, Pria Tergantung di Flyover Cimindi dengan Wajah Dilakban

"Jadi, selama ini ibu dan anak itu tidak berkomunikasi dengan warga setempat, termasuk dengan suaminya," ucap Kusmawan.

Warga setempat, termasuk tetangga terdekat, tidak menyadari keberadaan Indah dan Ela selama ini. Mereka mengira rumah tersebut kosong dan penghuninya sudah pindah.

Wawan Sutisna, Pj Kepala Desa Tani Mulya, mengatakan bahwa rumah tersebut dipenuhi tumbuhan liar, cat yang sudah pudar, serta lampu yang selalu mati.

"Kalau kata warga rumah ini sudah kosong, penghuninya sudah lama tidak keluar," tutur Wawan.

Tetangga lain, Ai Suryati (54), mengaku terakhir kali melihat korban sebelum pandemi COVID-19. 

"Terakhir ketemu sebelum Corona, saya lupa tahunnya, itu pun tidak sama sekali ngobrol," ujarnya.

Penemuan tengkorak ini mengejutkan warga setempat. Nanda (25), tetangga yang baru setahun tinggal di sebelah rumah tersebut, mengatakan bahwa ia mengira rumah itu memang kosong dan terbengkalai. 

"Saya baru setahun tinggal di sini dan taunya rumahnya memang kosong, terbengkalai. Makannya kaget pas tau ada kerangka ternyata di dalamnya," ujarnya.

Polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kematian korban. Kapolsek Padalarang, AKP Kusmawan, menjelaskan bahwa jenazah sementara ini dikembalikan kepada keluarga untuk dilakukan identifikasi lanjutan.

"Jenazah sementara ini kita kembalikan dulu kepada keluarga, apakah mau dilakukan identifikasi lanjutan atau tidak," ujar Kusmawan.

Warga setempat mengaku tidak mencurigai ada sesuatu yang salah selama ini. Mereka mengira bahwa Indah dan Ela sudah berpindah rumah. Hal ini diperkuat dengan adanya tulisan "rumah dijual" di bangunan tersebut.

"Sudah lama memang rumah ini ada tulisan dijual tapi sempat ada beberapa kali yang menanyakan katanya pas menghubungi nomor yang dicantumkan tidak aktif," ucap Ai.

Penemuan kerangka ibu dan anak di rumah tersebut membuat geger warga Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Polisi terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap fakta di balik kejadian ini. 

Baca Juga: Geger! Penemuan Mayat Lansia di Tanjung Gedong, Jakarta Barat