Jokowi Targetkan 270 Juta Dosis Vaksin Telah Disuntikkan Pada Akhir Tahun

Presiden Jokowi menargetkan sebanyak 270 juta dosis vaksin covid-19 sudah harus disuntikan ke masyarakat, saat ini sudah tercapai 171 juta dosis.

Jokowi Targetkan 270 Juta Dosis Vaksin Telah Disuntikkan Pada Akhir Tahun
Gambar : Biro Sekretariat Presiden RI/ Laily Rachev

BaperaNews - Pada akhir tahun 2021 nanti, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan sebanyak 270 juta dosis vaksin covid-19 telah disuntikkan ke masyarakat.

Jokowi menyampaikan bahwa sejauh ini, jumlah vaksin Covid-19 yang telah disuntikkan ke masyarakat yaitu sebanyak 171 juta dosis.

Dalam acara Peresmian Pembukaan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Rabu (20/10), Jokowi menyampaikan dalam pidatonya bahwa kemarin ia telah mendapatkan informasi bahwa pemerintah telah menyuntikkan sebanyak 171 juta dosis kepada seluruh masyarakat dan ditargetkan pada akhir Desember nanti, minimal 270 juta dosis vaksin sudah harus disuntikkan.

Jokowi pun melanjutkan bahwa jumlah dosis vaksin yang masih harus disuntikkan kepada masyarakat masih sangat banyak.

Kemudian ia pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang telah diberikan para bupati di seluruh kabupaten Indonesia dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19 nasional.

Jokowi menyampaikan bahwa program vaksinasi adalah salah satu elemen penting untuk dapat mendukung pelaksanaan kegiatan masyarakat yang sudah mulai aktif kembali dalam beberapa waktu terakhir.

Selain itu, ia pun mengingatkan karena saat ini semuanya sudah mulai kembali dibuka, sekolah juga sudah mulai melakukan pembelajaran tatap muka, kegiatan kontrol lapangan harus terus dilakukan, utamanya terkait dengan sekolah pembelajaran tatap muka.

Sebelumnya, Luhut Binsar Panjaitan selaku Koordinator Penanganan Covid-19 wilayah Bali dan Jawa menyampaikan bahwa aparat gabungan antara polri dan TNI bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menggelar operasi khusus di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Kabupaten Tangerang, Banten.

Luhut menegaskan bahwa langkah ini dilakukan usai cakupan vaksinasi Covid-19 di 2 kabupaten tersebut belum mencapai target hingga saat ini.

Pada Senin (18/10/2021), Luhut menyampaikan bahwa wilayah Bogor dan Tangerang akan dilakukan operasi khusus oleh TNI dan Polri serta Kemenkes mengerahkan vaksinator-vaksinator untuk mempercepat target ini.

Sebagai informasi, target vaksinasi Covid-19 yaitu sebanyak 208,26 juta, dimana 2 dosis suntikan dibutuhkan sebanyak 416,52 juta dosis. Jumlah tersebut pun belum termasuk suntikan booster yang diberikan untuk para tenaga kesehatan.