Ahok Minta Kantor Pusat Pertamina Pindah Dekat IKN

Basuki Tjahaja, Komisaris Utama Pertamina, memimpin upaya pemindahan kantor pusat Pertamina ke Balikpapan. Simak selengkapnya!

Ahok Minta Kantor Pusat Pertamina Pindah Dekat IKN
Ahok Minta Kantor Pusat Pertamina Pindah Dekat IKN. Gambar : Dok. jurnalpatrolinews

BaperaNews - Komisaris Utama PT Pertamina Persero Basuki Tjahaja atau biasa dikenal Ahok ingin kantor pusat PT Pertamina dipindah secara bertahap ke Balikpapan, Kalimantan Timur akan lebih dekat dengan IKN Nusantara.

Ahok ingin kantor pusat di Jakarta hanya menjadi kantor perwakilan. Hal ini juga sebagai bentuk pemerataan pembangunan sebagaimana yang diinstruksikan Presiden Jokowi.

“Nah ini yang mungkin harus pindah pertama itu PT Kilang Pertamina dan PT Pertamina Hulu Energi” kata Ahok hari Rabu (12/7).

Ahok menyebut selama ini PT Pertamina punya kantor di Jakarta dimana gedungnya adalah gedung sewa yang tidak murah harganya. Kantor tersebut berada di Gambir, Jakarta Pusat seluas 92.000 meter persegi.

Rencana kantor pusat Pertamina pindah ke IKN disampaikan Ahok ketika bertemu Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud pada hari Senin (10/7) lalu. Nantinya, kantor PT Pertamina akan dibangun di pesisir Teluk Balikpapan.

“Dan saya kira bisa segera dibangun ya, kita kan banyak kegiatan disini dan yang terpenting Pak Walikota mendukung kantor pusat Pertamina pindah ke IKN” pungkas Ahok. 

Baca Juga : DPR Sudah Setuju, Anggaran IKN Bakal Naik Rp 15 Triliun

Dalam rencana kantor pusat Pertamina pindah ke IKN ini, disiapkan pangkalan Pelita Air Service yang merupakan maskapai milik BUMN yang memiliki layanan angkutan kargo seperti kargo BBM ke wilayah perbatasan. PT Pertamina sebenarnya saat ini sudah memiliki sejumlah kantor di Balikpapan mula dari industri hulu hingga industri hilir.

Di Balikpapan, PT Pertamina punya kawasan yang lengkap, tidak hanya pabrik namun juga ada apartemen dan perumahan, ditambahkan berbagai sarana prasarana seperti lapangan olahraga basket dan tenis, kolam renang, hingga area main olahraga mewah golf.

Stadion Parikesit yakni stadion legendaris yang menjadi klub Persiba pun kini hanya tinggal kenangan karena telah dihancurkan dan akan digantikan menjadi sebuah bengkel kerja untuk kilang minyak Pertamina yang baru.

Ahok berharap dengan pemindahan kantor pusat Pertamina ke Balikpapan bisa membuat pembangunan Indonesia merata, tidak hanya di Pulau Jawa saja. Adanya pabrik dan industri di luar Jawa juga bisa membuat lebih banyak warga Indonesia mau pindah ke luar Jawa. Dengan demikian penyebaran penduduk pun bisa lebih merata dan pemerintah bisa membangun lebih banyak sarana prasarana serta infrastruktur canggih di luar Jawa.

Baca Juga : Jokowi Rayu WN Singapura Pindah Ke IKN