Cair Minggu Ini! Simak Cara Cek Penerima Bansos PKH Rp 3 Juta Lewat HP

Bansos PKH sebesar Rp 3 juta dikabarkan akan cair pada minggu ini, berikut cara cek penerima bansos PKH lewat HP.

Cair Minggu Ini! Simak Cara Cek Penerima Bansos PKH Rp 3 Juta Lewat HP
Cara cek penerima bansos PKH. Gambar : ANTARA FOTO/Ardiansyah

BaperaNews - Besar kemungkinan pada minggu ini akan ada bansos PKH (Program Keluarga Harapan) sebesar Rp 3 juta untuk setiap orangnya.

Sebelumnya di wilayah Palu, BLT untuk BBM dan juga sembako sudah disalurkan terlebih dahulu kepada masyarakat yang berhak mendapatkannya.

“Untuk jumlah orang yang berhak menerima beberapa bansos tersebut merupakan jumlah tambahan dari beberapa program bantuan yang sudah dijalankan seperti penyaluran BLT BBM, bantuan sembako dan juga PKH pada tahun 2022 lalu,” ungkap Subhan (Kepala Pos Indonesia KCU).

“Sedangkan proses penyalurannya sendiri sedang dilakukan dan ditargetkan bisa segera selesai pada bulan Januari 2023 untuk daftar data susulan orang-orang yang berhak menerima bansos PKH dan sembako,” tambahnya.

Berdasarkan kabar yang beredar dan beberapa alasan tersebut, diprediksi bansos PKH Rp 3 juta akan segera turun dan disalurkan kepada mereka yang sudah terdaftar serta berhak menerima bansos PKH Rp 3 juta.

Seperti kabar yang telah santer di masyarakat, pemerintah mempunyai kebijakan baru dalam proses penyaluran bansos PKH dimana akan menyasar beberapa target yang berbeda.

Ditambah lagi terdapat bansos PKH lain yang dikhususkan bagi kaum disabilitas hingga anak berstatus sekolah mulai dari Rp 900 ribu sampai dengan Rp 2 juta.

Baca Juga : Penerima BSU Dan Bansos Bakal Diizinkan Daftar Kartu Prakerja

Daftar Program Bansos PKH 2023 :

  1. Bantuan PKH untuk para ibu hamil dan anak usia dini (mulai dari 0 hingga 6 tahun) sebesar Rp 3 juta.
  2. Bantuan anak yang berstatus siswa SD sebesar Rp 900 ribu
  3. Bantuan anak yang berstatus siswa SMP sebesar Rp 1,5 juta
  4. Bantuan anak yang berstatus siswa SMA sebesar Rp 2 juta
  5. Bantuan untuk para penyandang disabilitas dalam kategori berat sebesar Rp 2,4 juta
  6. Bantuan untuk usia lanjut yakni mulai dari 70 tahun ke atas sebesar Rp 2,4 juta

Untuk bisa mengetahui apakah Anda terdaftar dalam data penerima bansos PKH tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung melalui link resmi dari Kementrian Sosial Republik Indonesia. Berikut cara cek penerima bansos PKH lewat HP melalui link resmi dibawah ini. 

https://cekbansos.kemensos.go.id/

Sementara bagi Anda yang seharusnya termasuk dalam golongan yang berhak menerima bansos PKH namun sampai saat ini belum pernah mendapatkannya, maka bisa melakukan pendaftaran secara langsung dengan cara mengunduh "Aplikasi Cek Bansos" yang disediakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia di Google Play Store.

Baca Juga : Aturan Baru! Ini 6 Perubahan Kartu Prakerja 2023