Jelang Ramadhan, Pemerintah Akan Beri Bansos Pangan

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bahwa pihaknya akan memberikan bantuan sosial pangan menjelang bulan Ramadhan 2023.

Jelang Ramadhan, Pemerintah Akan Beri Bansos Pangan
Pemerintah Akan Beri Bansos Pangan Jelang Ramadhan. Gambar : Dok. Desa Tambakrejo

BaperaNews - Pemerintah akan membagikan bantuan sosial pangan kepada masyarakat yang berhak menjelang ramadhan 2023 ini. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bansos pangan diberikan selama tiga bulan berupa beras, daging ayam, dan telur.

“Pemerintah telah memutuskan akan memberi bantuan pangan selama tiga bulan, berupa beras, telur, dan daging ayam” ucap Airlangga Hartarto pada Minggu (5/3).

Bansos pangan ini diberikan untuk menekan inflasi yang bisa muncul akibat kenaikan harga bahan pangan yang biasa terjadi menjelang hari raya, saat ini pemerintah masih menyusun regulasinya.

Syarat Penerima Bansos Pangan

“Regulasinya sedang diatur, akan diberi selama tiga bulan, syaratnya terutama di desa yang mendapat bantuan Program Keluarga Harapan atau PKH serta mendapat bantuan pangan non tunai” terangnya. Bantuan sosial pangan tersebut akan diberikan pada bulan Maret, April, dan Mei 2023.

BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan jumlah inflasi di Indonesia pada Februari 2023 mencapai 5,47 % yoy (year on year). Jenis makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi 7,23%, menjadi penyumpang inflasi paling besar sebanyak 1,87%.

Bantuan sosial pangan kemungkinan diberikan secara langsung dengan peran dari pejabat desa setempat, tentunya akan dilakukan pengaturan ketat agar pihak yang menerima bansos pangan ini benar-benar kalangan masyarakat yang membutuhkan, bukan kalangan masyarakat yang mampu.

Baca Juga : Sederhana! Ini Cara Cek Bansos 2023 di Kemensos

Adanya Perkiraan Kenaikan Harga Bahan Pangan

Masyarakat biasanya cenderung lebih banyak bertransaksi menjelang hari raya, biasanya untuk keperluan masak sendiri atau pribadi serta membeli bahan pangan untuk diberikan kepada saudara atau orang terdekat menjelang lebaran.

Karena itulah permintaan akan meningkat, jika jumlah pasokan tidak bertambah, beresiko terjadi kenaikan harga bahan pangan yang bisa memberatkan masyarakat terutama rakyat kecil. Maka pemerintah melakukan pencegahan dengan memberi bansos pangan tersebut.

Belum disampaikan kapan tepatnya pemberian bansos pangan dilakukan, targetnya sebelum Ramadhan bisa diserahkan kepada warga yang berhak di bulan Maret ini dan akan dilanjut April hingga Mei 2023. Berapa banyak bansos pangan yang diberikan juga belum diuraikan oleh Airlangga Hartarto.

Pemerintah selama ini juga rutin memberi bansos kepada masyarakat tidak mampu, mulai dari bansos dana tunai, bansos untuk pendidikan, bansos untuk nelayan hingga ojek online, dan lainnya.

Diharapkan pemberian bansos pangan ini tepat sasaran, bisa membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. Di sisi lain pemerintah juga memantau harga bahan pokok lain seperti bawang, cabai, dan sebagainya.

Baca Juga : Harga Cabai dan Bawang Naik, Tahu Tempe Ikut Mengecil