3 KRL Impor Jepang Bakal Tiba di RI 2024, Segini Tarif Barunya!

Pemerintah Indonesia mengimpor 3 unit KRL baru dari Jepang untuk meningkatkan layanan transportasi. Simak selengkapnya!

3 KRL Impor Jepang Bakal Tiba di RI 2024, Segini Tarif Barunya!
3 KRL Impor Jepang Bakal Tiba di RI 2024. Gambar : Dok.Okezone

BaperaNews - Pemerintah resmi memutuskan impor 3 unit trainset kereta listrik baru dari Jepang yang akan sampai di Indonesia mulai tahun 2024 mendatang.

Tentang dampak ke penumpang, Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Anne Purba mengungkap saat ini berapa tarif KRL terbaru masih dibahas bersama Kementerian Perhubungan dimana jika ada perbaikan fasilitas tentu juga ada penyesuaian harga.

“Kalau tarif KRL baru 2024 untuk penumpang sesuai dengan UU Perkeretaapian Ini yang sedang kita komunikasikan dengan Kemenhub, tarif yang dibentuk itu dibayar oleh penumpang. Jadi kita kita hitung dampaknya seperti apa, bukan berarti langsung dinaikkan harganya. Enggak seperti itu, harus dihitung juga adanya unit KRL baru ini dampaknya apa” kata Anne hari Selasa (11/7).

Anne mengklaim, dengan adanya 3 trainset unit KRL baru ini tentu akan lebih efisien dari segi layanan dan perawatan. Biaya perawatan itulah yang salah satunya akan berdampak pada penumpang. 

Baca Juga : Ini Dia Sosok Dibalik Rencana Luhut Impor 3 KRL Baru

“Salah satu yang kita lihat itu ialah bagaimana efisiensinya terhadap perawatan yang dilakukan tapi juga dampak lain. Harga operasional lebih mahal itulah yang sedang kita komunikasikan dampak dan subsidinya. Dampak apa yang terjadi pada keuangan PT KAI, KCI, dan PMN, Ini akhirnya ditujukan supaya dampak tarif bisa lebih kecil” lanjutnya.

Untuk saat ini, tarif KRL baru 2024 yang berlaku masih lebih murah jika dibandingkan dengan ojek online.

“Kalau sampai sekarang ya tarif KRL baru 2024 masih lebih murah dari ojek online. Kita coba ya dari Bogor ke Rangkasbitung itu 120 km lebih tarif cuma Rp 13.000. Kita fokus dulu pada proses retrofit. Jadi diharapkan kita bisa adakan 3 KRL baru di tahun ini dan semoga di tahun 2024 bisa didatangkan” pungkas Anne.

Pemerintah sebelumnya memang telah mengijinkan untuk impor 3 unit KRL baru dari Jepang yang akan tiba di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Impor KRL baru dari Jepang ini ditujukan untuk menambah dan memaksimalkan layanan untuk masyarakat. Saat ini KRL jadi salah satu transportasi umum favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena tarifnya yang sangat terjangkau dan layanan yang nyaman. Masyarakat bisa menikmati perjalanan dengan cepat, aman, dan nyaman dengan biaya yang tidak mahal yang disediakan PT KAI

Baca Juga : Bocoran Tarif LRT: Mulai Rp5 Ribu Hingga Jarak Terjauh Rp 25 Ribu