Ini Ruas Jalan Tol Jasa Marga yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024

Jasa Marga telah menyiapkan 4 ruas tol gratis untuk membantu mengurai kemacetan selama musim mudik Lebaran 2024. Simak selengkapnya di sini!

Ini Ruas Jalan Tol Jasa Marga yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024
Ini Ruas Jalan Tol Jasa Marga yang Gratis Saat Mudik Lebaran 2024. Gambar : Kompas/Fakhri Fadlurrohman

BaperaNews - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan empat ruas jalan tol yang akan beroperasi secara fungsional alias gratis sepanjang periode mudik Lebaran 2024. Keputusan ini diambil untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas di sejumlah titik rawan kemacetan selama musim mudik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana, menjelaskan bahwa ruas-ruas jalan tol tersebut disiapkan sebagai langkah antisipasi terhadap lonjakan volume kendaraan selama musim mudik Lebaran. Salah satu ruas yang disiapkan adalah Japek II Selatan segmen Sadang - Kutanegara sepanjang 8,5 km.

"Hal yang kita siapkan untuk menampung kapasitas kendaraan yang akan meningkat, pertama kita siapkan ruas fungsional Tol Japek II Selatan sepanjang 8,5 km segmen Sadang-Kutanegara," jelas Lisye.

Ruas ini bersifat situasional dan akan dioperasikan khususnya apabila evaluasi Korlantas menilai perlu untuk membantu mengurai lalu lintas dari Bandung menuju Jakarta, terutama jika Gerbang Tol Kalihurip Utama padat.

Selain itu, ruas tol Solo-Yogyakarta segmen Colomadu- Ngawen sepanjang 22,3 km juga akan dioperasikan fungsional. Pada Lebaran tahun ini, terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari sebelumnya Kartasura-Karanganom sepanjang 13 km. Jalur fungsional ini akan dibuka pada periode arus mudik dan balik serta hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Jalur Mudik Lebaran 2024

Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan satu lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 s.d KM 210+190 sepanjang 2,04 km. Selain itu, fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang, baik arah Jakarta maupun arah Bandung juga akan dioperasikan.

Langkah ini diambil mengingat proyeksi peningkatan volume kendaraan dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya. Diperkirakan sebanyak 1,86 juta kendaraan akan meninggalkan Jabodetabek selama periode H-7 hingga H-2 Lebaran, dengan puncak arus mudik terjadi pada tanggal 6 April.

Sementara untuk arus balik, diprediksi puncaknya akan terjadi pada tanggal 15 April 2024. Jasa Marga memperkirakan sekitar 300.722 kendaraan akan kembali masuk ke Jabodetabek pada waktu tersebut, dengan total 1,92 juta kendaraan kembali selama periode arus balik.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Beri Diskon Tarif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2024