Menko PMK Imbau Warga Tak Gunakan Motor Saat Mudik, Angkutan Gratis Telah Disiapkan

Menko PMK, Muhadjir Effendy, mendorong masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua saat mudik Lebaran 2024. Simak selengkapnya di sini!

Menko PMK Imbau Warga Tak Gunakan Motor Saat Mudik, Angkutan Gratis Telah Disiapkan
Menko PMK Imbau Warga Tak Gunakan Motor Saat Mudik, Angkutan Gratis Telah Disiapkan. Gambar : Dok. Setkab

BaperaNews - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengeluarkan imbauan kepada masyarakat terkait mudik Lebaran 2024.

Dalam imbauannya, Muhadjir menyarankan agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua saat melakukan perjalanan mudik. Hal ini disampaikan sebagai bagian dari persiapan program moda transportasi gratis yang disediakan oleh pemerintah dan swasta.

“Saya pada kesempatan ini juga mengimbau agar perusahaan-perusahaan swasta, kemudian organisasi-organisasi kemasyarakatan juga bisa memberikan pelayanan berupa mudik gratis,” jelas Muhadjir pada Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK pada Senin (18/3).

Dalam pernyataannya usai Rapat Tingkat Menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Muhadjir menjelaskan bahwa pemerintah telah menyiapkan program mudik gratis yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, serta Kementerian-Kementerian Teknis lainnya.

Baca Juga: Catat! Ini Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Jalur Mudik Lebaran 2024

Selain itu, ia juga mengimbau agar perusahaan swasta dan organisasi kemasyarakatan turut memberikan pelayanan mudik gratis kepada masyarakat.

Muhadjir menekankan pentingnya untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua saat mudik. Ia menyebut bahwa untuk program mudik gratis, pemerintah akan menyediakan kendaraan pengangkut sendiri, termasuk untuk mereka yang menggunakan kendaraan roda dua.

Pengguna motor yang ingin mudik diminta untuk menggunakan moda transportasi lain, seperti kapal laut yang dapat mengangkut kendaraan motor secara bersamaan.

Lebih lanjut, Muhadjir juga mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan pembelian tiket secara online. Hal ini bertujuan untuk mengurangi antrean di terminal, stasiun, bandara, dan pelabuhan keberangkatan. Dengan membeli tiket secara online, diharapkan proses check-in dan boarding menjadi lebih efisien bagi para pemudik.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Beri Diskon Tarif Jalan Tol Saat Mudik Lebaran 2024