Ini Kronologi Meninggalnya Pencipta Ninja Hattori, Fujiko A Fujio!

Pencipta Manga terkenal Ninja Hattori asal Jepang yakni Fujiko A Fujio yang memiliki nama asli Abiko Motoo ditemukan meninggal dunia. Simak kronologi lengkapnya!

Ini Kronologi Meninggalnya Pencipta Ninja Hattori, Fujiko A Fujio!
Fujiko A Fujio dikabarkan meninggal dunia. Gambar: AFP/Dok. JIJI Press

BaperaNews - Pembuat Manga atau mangaka terkenal asal Jepang Fujiko A Fujio yang memiliki nama asli Abiko Motoo ditemukan meninggal dunia. Fujio meninggal dunia di luar rumahnya di dekat Tokyo, pada Kamis (7/4/2022)

Dikutip dari TBS News, dalam laporan tersebut polisi menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima panggilan darurat dari rumah Fujiko A Fujio dan menyebutkan bahwa pembuat karakter Doraemon tersebut tidak sadarkan diri. Namun polisi memastikan tidak ada luka trauma pada tubuh Fujiko A Fujio.

Mendapatkan panggilan tersebut, polisi pun langsung mendatangi rumah Fujiko A Fujio dan yang bersangkutan tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal dunia di kediamannya tersebut. Hingga kini pihak berwajib pun masih meyelidiki kematian Fujiko A Fujio.

Sebelumnya pada tahun 2015, Fujiko A Fujio memang telah menghentikan manga esai karangannya yang berjudul Parman no Jounetsu-teki na Hibi (Parman’s Instense Daily Life). Hal ini dihentikan lantaran dirinya sudah merasa kelelahan dan mengungkapkan masih mungkin untuk kembali menciptakan karya ketika merasa tubuhnya sudah lebih baik nantinya.

Baca Juga: Sekutu Vladimir Putin Di Eropa Minta Rusia Setop Gempur Ukraina

Sebagai informasi, Fujiko A Fujio merupakan salah satu dari anggota dari duo manga Fujiko Fujio yang dibentuk oleh Fujiko F. Fujio pada tahun 1951. Keduanya menjadi grup pembuat manga atau mangaka sebelum akhirnya berpisah pada tahun 1987, mereka memutuskan untuk berpiah dan memulai karirnya masing-masing dengan merilis karya yang berbeda.

Meski menjalankan karier terpisah, keduanya sama-sama telah memenangkan berbagai penghargaan atas nama individual maupun bersama. Salah satunya saat penciptaan Ninja Hattori yang memiliki kemiripan dengan Doraemon. Dari segi cerita, hingga alat-alat yang digunakan untuk membantu.

Selain menggarap Ninja Hattori, Fujiko A Fujio juga memiliki sederet karya lainnya dari tahun ke tahun. Seperti Kaibutsu Kun, Warau-Salesman, Manga Michi, Mataro ga Kuru, Puro Gorufa Saru, Shadow Shokai Henkirou, hingga Shonen Jidai.

 Fujiko A Fujio meninggal dunia pada usia 88 tahun. Sedangkan rekan mangakanya, Fujiko F. Fujio atau yang memiliki nama asli Fujimoto Hiroshi telah lebih dulu meninggal dunia pada 23 September 1996. Karya mereka yang terkenal dan menjadi legendaris diantaranya Doraemon, P-Man, Little Ghost Q-Taro, dan Ninja Hattori.

Baca Juga: Rumah Kosmetik Ilegal Bandung Digerebek Barbuk Senilai Rp 1,2 Miliar