Idap Penyakit Tumor Usus, Mpok Atiek Ngaku Susah BAB Hingga Sering Sakit Perut

Mpok Atiek membuat pengakuan mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya saat ini, ia tengah mengidap penyakit tumor usus sejak Juni 2023 lalu.

Idap Penyakit Tumor Usus, Mpok Atiek Ngaku Susah BAB Hingga Sering Sakit Perut
Idap Penyakit Tumor Usus, Mpok Atiek Ngaku Susah BAB Hingga Sering Sakit Perut. Gambar : Instagram/@mpok.atiek

BaperaNews - Mpok Atiek, artis peran dan komedian yang telah aktif di dunia hiburan Indonesia sejak tahun 1990-an. Meskipun sudah lama tidak terlihat di layar kaca, Mpok Atiek membuat pengakuan mengejutkan mengenai kondisi kesehatannya saat ini.

Pada usia 67 tahun, Mpok Atiek mengabarkan bahwa ia mengidap penyakit tumor usus. Wanita yang memiliki nama asli Atiek Riwayati ini mengungkapkan bahwa ia didiagnosis menderita polip atau sejenis tumor jinak pada bulan Juni 2023 lalu. Berikut adalah cerita lengkap Mpok Atiek tentang perjalanan kesehatannya.

Mpok Atiek mengaku bahwa awalnya ia merasakan sakit perut yang terus menerus. Selain itu, ia juga mengalami kesulitan buang air besar (BAB). Gejala tersebut mencakup perut terasa kembung, begah, dan sembelit. 

"Terus BAB-nya kan susah, tiga hari, empat hari baru BAB setelah dikasih pelumas, maaf dari anus baru bisa keluar," ujar Mpok Atiek di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

Setelah merasakan gejala tersebut, Mpok Atiek segera mengunjungi rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter internis atau dokter penyakit dalam. Setelah itu, ia dirujuk ke dokter gastro atau spesialis lambung. 

Melalui proses endoskopi dan fluoroskopi, terlihat bahwa ada banyak polip atau benjolan di ususnya. Beruntung, polip yang kecil sudah berhasil dibersihkan. Namun, ada satu polip besar yang berakar dan harus diangkat melalui operasi.

Baca Juga : Kanker Ginjalnya Menyebar, Vidi Aldiano Harus Jalani 'Spa Day'

Pengalaman traumatik sang ibu meskipun tumor tersebut sudah di biopsi dan dinyatakan jinak, Mpok Atiek enggan menjalani operasi. Ia mengalami trauma karena ibunya pernah mengalami hal serupa dan meninggal dunia setelah menjalani operasi. 

"Mpok takut dioperasi karena mama nggak pulang lagi (meninggal dunia) habis dioperasi, ditinggal di rumah sakit. Jadi, Mpok takut," ungkapnya.

Dengan rasa takut tersebut, Mpok Atiek memilih untuk menjalani pengobatan alternatif menggunakan ramuan herbal dan pijat. 

Meskipun penyakit tumor usus ini harusnya diangkat melalui operasi, Mpok Atiek merasa sudah adanya perubahan pada tubuhnya setelah menjalani pengobatan alternatif. 

"Alhamdulillah setiap hari sudah nggak sakit, BABnya lancar. Kalau ingat ke situ (operasi) seram. Mpok sudah ikhtiar," ucapnya.

Selama menjalani pengobatan, Mpok Atiek juga mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat. Ia berhenti merokok, tidur lebih cepat, dan rutin berolahraga. 

"Pastinya nggak boleh ngerokok karena rokok itu satu pemicu menjadikannya kanker itu pemicunya. Ya biasanya tidur agak larut malam, sekarang harus tidur pada waktunya, maksimal jam 23.00 harus tidur. Olahraga di rumah aja, pakai treadmill," ucap Mpok Atiek. 

Selain itu, ia juga memperhatikan pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan yang direbus.

Baca Juga : Nunung Divonis Kanker Payudara