Cara Komentar dengan GIF di Postingan Instagram

Instagram punya fitur baru yang dapat membuat penggunanya mengirim GIF di komentar postingan, berikut cara komentar dengan GIF di Instagram.

Cara Komentar dengan GIF di Postingan Instagram
Cara Komentar dengan GIF di Postingan Instagram. Gambar: Pexels/cottonbro studio

BaperaNews - Pengguna Instagram kini bisa memberi komentar dengan gambar animasi bergerak atau GIF di postingan. Sebelumnya komentar di postingan hanya bisa berupa teks dan emoji saja, sedangkan GIF untuk postingan di DM (direct messages) misalnya ketika mengirim pesan atau merespon Instastory.

Fitur GIF ini sebenarnya sudah lama muncul di Facebook. Dengan GIF, komentar yang dikirim pengguna dirasa lebih hidup, pengguna bisa sampaikan komentar dengan GIF di IG singkat dengan gambar atau gambar tulisan bergerak tanpa harus mengetik teks. Fitur GIF untuk komentar postingan Instagram ini disambut antusias oleh pengguna Instagram, banyak yang penasaran bagaimana cara  menggunakannya.

Sebagai catatan, sejauh ini Instagram belum memberi rilis fitur komentar dengan GIF di IG ini secara pasti, diduga fitur masih dalam tahap uji coba ke pengguna. Komentar dengan GIF di IG sendiri baru bisa dipakai sejumlah pengguna dengan ponsel iOS, belum bisa dipakai seluruh pengguna.

Ada pula yang menyebut fitur ini dirilis secara bertahap, sehingga baru sebagian pengguna yang bisa menggunakannya. Fitur dikabarkan akan terus diperluas ke pengguna lain dalam beberapa minggu ke depan. Jika beruntung, pengguna bisa melaksanakan fitur ini lebih awal, dengan adanya ikon GIF di kolom komentar. Lalu bagaimana cara komentar dengan GIF? 

Baca Juga: Fitur Baru Instagram, Kini Bisa Komentar Pakai GIF

Cara Kirim GIF di Postingan Instagram

Jika beruntung sudah kebagian fitur ini, mengirim GIF di postingan Instagram bisa dilakukan dengan langkah mudah yaitu:

  • Buka Instagram di ponsel.
  • Klik ikon komentar, pilih postingan seseorang untuk dikomentari.
  • Akan ditemukan ikon GIF di kolom komentar tersebut yang biasanya di ikon kirim, klik ikon GIF tersebut.
  • Akan muncul gambar-gambar GIF yang disarankan, pilih GIF mana yang ingin digunakan atau masukkan kata kunci GIF untuk mencari GIF sesuai keinginan.
  • Gambar GIF yang sudah dipilih akan muncul di kolom komentar.
  • Pengguna lain bisa memberi tanda suka di komentar GIF yang diberikan sebagaimana komentar teks pada umumnya.

Update Instagram Anda ke versi terbaru, jika belum menemukan ikon GIF di kolom komentar, artinya belum mendapat jatah untuk menikmati fitur tersebut. Dilansir dari KompasTekno, per hari Kamis 23/2 fitur GIF untuk postingan Instagram belum muncul di Instagram versi 271.1.0.21.84 ponsel Android.

Baca Juga: Nyusul Twitter, Kini Instagram dan Facebook Buat Centang Biru Berbayar