Nyusul Twitter, Kini Instagram dan Facebook Buat Centang Biru Berbayar

CEO Meta, induk perusahaan Facebook, dan Instagram Mark Zuckerberg akan membuat centang biru berbayar seperti yang dilakukan Elon Musk untuk Twitter.

Nyusul Twitter, Kini Instagram dan Facebook Buat Centang Biru Berbayar
Instagram dan Facebook buat centang Biru berbayar. Gambar : Unsplash.com/Dok. Firmbee.com

BaperaNews - CEO Meta, induk perusahaan WhatsApp, Facebook, dan Instagram Mark Zuckerberg umumkan layanan baru yang bernama Meta Verified. Layanan ini mewajibkan pelanggan mendapat centang biru dengan membayar biaya langganan per bulan.

“Selamat pagi, pengumuman produk baru : minggu ini kami luncurkan Meta Verified” tulis Mark Zuckerberg di akun Facebooknya.

Pengguna juga akan mendapat fasilitas lainnya seperti perlindungan ekstra dari akun peniru untuk keamanan pengguna. Layanan Meta Verified ini mirip dengan Twitter Blue yang dirilis Elon Musk beberapa waktu lalu.

Biaya Langganan Meta Verified Rp 182 Ribu per Bulan

Mark Zuckerberg merinci, biaya langganan Meta Verified ialah Rp 182 ribu per bulannya (11,99 dollar AS) untuk pengguna Facebook dan Instagram versi web.

Sedangkan untuk pengguna di ponsel seperti Android dan iOS dipatok dengan harga lebih mahal yakni Rp 227 ribu per bulan (14,99 dollar AS).

Layanan Meta Verified ini masih diuji coba untuk wilayah Australia dan Selandia Baru. Pengguna lain termasuk di Indonesia belum bisa mencoba layanan ini. Mark Zuckerberg berjanji akan merilis Meta Verified ke lebih banyak Negara.

Baca Juga : Akun Twitter Centang Biru Bakal Kena Biaya Berlangganan, Segini Tarifnya

Benefit Meta Verified

Layanan Meta Verified membuat pengguna lebih percaya diri dan lebih dipercaya terutama jika akun dipakai untuk bisnis atau oleh orang tertentu seperti pejabat, selebgram, dan lainnya.

Pengguna juga akan mendapat perlindungan ekstra dari akun lain yang meniru atau mengaku sebagai dirinya, pengguna mendapat akses langsung untuk penunjukan keaslian akunnya dan dukungan dari pengguna lain.

“Fitur Meta Verified akan meningkatkan keamanan dan keaslian di semua layanan kami” lanjut Mark Zuckerberg pada unggahannya.

Pengguna Meta Verified juga akan mendapat stiker eksklusif untuk Reels dan Stories serta 100 bintang gratis per bulan. Bintang ini ialah mata uang digital untuk para pembuat konten di Facebook.

Cara Mendaftar Meta Verified

Semua pengguna Facebook dan Instagram nantinya bisa mendaftarkan diri untuk mendapat centang biru dengan syarat di bawah ini.

Syarat Daftar Meta Verified di Facebook dan Instagram :

  • Umur minimal 18 tahun.
  • Mengirim tanda identitas yang dikeluarkan pemerintah di wilayah masing-masing seperti KTP di Indonesia.
  • Identitas diri harus sama dengan nama yang ada di akun Instagram atau Facebook.

Selanjutnya jika disetujui, pengguna akan mendapat akun centang biru atau verified akun. Belum diketahui apa Meta hanya menyediakan centang biru atau akan muncul centang warna lain misalnya label khusus untuk media dan pejabat sebagaimana layanan di Twitter Blue.

Pengguna yang telah terdaftar di Meta Verified tidak bisa lagi mengubah nama profil dan nama pengguna, tanggal lahir, atau foto profil tanpa proses verifikasi. Hal ini untuk menjamin keaslian akun dari pemilik Meta Verified tersebut.

Baca Juga : Fitur Baru Instagram, Kini Bisa Komentar Pakai GIF