Bule Denmark Galang Dana Rp75 Juta dan Ikut Perbaiki Jembatan di Wakatobi

Kristian Hansen, YouTuber asal Denmark, menggalang dana Rp75 juta dan memperbaiki jembatan rusak di Wakatobi. Baca selengkapnya di sini!

Bule Denmark Galang Dana Rp75 Juta dan Ikut Perbaiki Jembatan di Wakatobi
Bule Denmark Galang Dana Rp75 Juta dan Ikut Perbaiki Jembatan di Wakatobi. Gambar: Kolase Tangkapan Layar X/@sosmedkeras

BaperaNews - Ketika datang ke Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kristian Hansen, seorang YouTuber dan traveler motor asal Denmark, melakukan aksi yang menginspirasi banyak orang.

Melihat jembatan rusak di Kampung Terapung Sampela, bule Denmark ini tak tinggal diam dan langsung bertindak untuk memperbaikinya. Aksinya ini mendapat pujian luas dari masyarakat Indonesia dan para pengikutnya di media sosial.

Kristian Hansen telah berkeliling Indonesia selama dua tahun terakhir. Selama perjalanannya, dia telah menjelajahi banyak tempat, tetapi yang paling mengesankan adalah ketika dia tiba di Wakatobi. Di sana, dia menemukan jembatan yang sangat rusak dan tidak aman bagi warga Suku Bajo.

"Ketika saya pertama kali tiba di desa Bajo Sampela, saya langsung menyadari bahwa jembatan di seluruh desa terapung ini dalam kondisi yang sangat buruk," kata Hansen melalui unggahan di Instagramnya.

Melihat kondisi jembatan yang memprihatinkan, Hansen segera menggalang dana melalui Instagram. Dalam waktu 24 jam, dia berhasil mengumpulkan Rp75 juta dari para pengikutnya. Dana tersebut digunakan untuk membeli bahan-bahan seperti kayu dan perkakas lainnya.

"Rp75.000.000! Ketika saya pertama kali tiba di desa Bajo Sampela, saya langsung menyadari bahwa jembatan di seluruh desa terapung ini dalam kondisi yang sangat buruk. Jadi pada malam pertama saya di sana, saya memanggil pengikut setia saya dan mereka mendengar saya dengan lantang dan jelas. Tidak ada gaji yang dibayar, tetapi mereka melakukannya untuk 'Gotong royong'," tulis Hansen di Instagram.

Setelah dana terkumpul, Hansen bersama warga setempat mulai memperbaiki jembatan. Jembatan tersebut telah berdiri selama lebih dari 10 tahun dan sering menjadi penyebab kecelakaan bagi anak-anak dan lansia.

Baca Juga: Viral! Banyak Bule Sholat Idul Adha di Bali, Netizen: Serasa di Mekah

"Waktu saya datang ke desa ini, semua orang bilang 'be careful'," ungkap Hansen. Jembatan di Wakatobi tersebut memang sudah tua dan banyak bagian yang rapuh.

Dengan dana yang ada, Hansen membeli kayu dan bahan lainnya, lalu bersama-sama dengan warga memperbaiki jembatan agar kembali layak dan aman digunakan. Tak hanya jembatan, Hansen juga membantu memperbaiki beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Dan penduduk setempat setuju untuk gotong royong. Lalu kami beli kayu sebanyak mungkin. Dan dari kekuatan gotong royong, kami bangun kembali jembatan mereka," cerita Hansen.

Aksi nyata dari bule perbaiki jembatan ini menuai banyak dukungan dan pujian dari publik. Banyak yang mengucapkan terima kasih dan memuji aksinya melalui komentar di media sosial.

"Bang Bule baik banget. Makasih ya bang," tulis akun @anissina_30

"Ini baru hasil nyata, bukan cuma wacana, keren ente Mister," tulis akun @dunia_saya25

"Best of the best," tulis akun @muhnurbada

Hansen juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para donatur yang telah membantu mewujudkan perbaikan jembatan tersebut.

"Jadi, terima kasih kepada lebih dari 300 orang di dunia yang sudah membantu kami mewujudkannya," tutup Hansen dalam video singkatnya.

Baca Juga: Bule di Bali Pukul Wanita Pemotor hingga Terjatuh