Berkunjung ke Filipina, Jokowi Bertemu Marcos Jr dan Kunjungi Pabrik Kopiko

Presiden Indonesia, Jokowi berkunjung ke Filipina dan bertemu Presiden Ferdinand Marcos Jr, sekaligus mengunjungi pabrik kopi terkenal, yaitu Kopiko.

Berkunjung ke Filipina, Jokowi Bertemu Marcos Jr dan Kunjungi Pabrik Kopiko
Berkunjung ke Filipina, Jokowi Bertemu Marcos Jr dan Kunjungi Pabrik Kopiko. Gambar : Dok. Setkab

BaperaNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memulai kegiatannya di Filipina dengan pertemuan bersama Presiden Filipina, Ferdinand Marcos Jr. Pertemuan bilateral ini menjadi momen penting dalam memperkuat hubungan diplomatik kedua negara yang telah terjalin selama 75 tahun.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan pentingnya memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Filipina. 

Hubungan diplomatik yang telah terjalin selama setengah abad lebih dianggap sebagai fondasi yang kokoh untuk melangkah lebih jauh dalam meningkatkan kerja sama di berbagai sektor.

Salah satu kesepakatan yang dihasilkan dari pertemuan ini adalah perkuatan kerja sama perbatasan antara kedua negara. 

Jokowi menyoroti urgensi percepatan revisi Border Patrol Agreement, Border Crossing Agreement, dan penyelesaian batas landas kontinen, serta penguatan kerja sama pertahanan, termasuk alutsista.

"Pentingnya mendorong percepatan revisi Border Patrol Agreement, Border Crossing Agreement, dan penyelesaian batas landas kontinen serta penguatan kerja sama pertahanan termasuk alutsista," kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (10/1).

Khusus untuk kawasan Asia Tenggara, kedua pemimpin, Jokowi dan Marcos Jr, sepakat untuk memperkuat kesatuan dan sentralitas ASEAN. 

Baca Juga : Jokowi Desak OKI untuk Memimpin Resolusi Damai Konflik Israel-Palestina

Mereka menekankan bahwa ASEAN bukan hanya sekadar jargon, melainkan harus terus berpegang pada prinsip-prinsip hukum internasional. 

Selain itu, ASEAN juga diharapkan dapat menjaga positive force untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

"Sekali lagi terima kasih, Presiden Widodo, atas waktunya mengunjungi kami di Filipina. Kepala Negara pertama yang saya temui di awal tahun ini," kata Marcos Jr, mengungkapkan apresiasinya terhadap kunjungan Jokowi.

Presiden Marcos Jr juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena hubungan kedua negara terjalin dengan erat, dan masing-masing pemerintah terus bekerja keras untuk memperkuat hubungan yang telah terjalin selama 75 tahun.

 "Sekali lagi selamat datang ke Filipina, rumah kedua anda," pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke Filipina, Jokowi tidak hanya berfokus pada pertemuan dengan Marcos Jr. Jokowi juga melibatkan diri dalam kegiatan lain yang turut memperkuat hubungan antarbangsa dan membawa dampak positif.

Selain pertemuan bilateral, Jokowi juga mengunjungi sebuah pabrik di Filipina yang memproduksi salah satu produk kopi terkenal, yaitu Kopiko.

Baca Juga : Jokowi dan Mahmoud Abbas Bertemu: Komitmen Indonesia Mendukung Kemerdekaan Palestina