Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup 24 Jam Saat Hari Raya Nyepi 2024

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali akan ditutup selama 24 jam dalam perayaan Hari Raya Nyepi 2024. Simak Berita Selengkapnya!

Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup 24 Jam Saat Hari Raya Nyepi 2024
Bandara I Gusti Ngurah Rai Ditutup 24 Jam Saat Hari Raya Nyepi 2024. Gambar : Dok. I Gusti Ngurah Rai

BaperaNews - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang terletak di Tuban, Badung, Bali, akan menghentikan operasionalnya selama 24 jam pada Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, yang jatuh pada Senin (11/3). 

Penutupan operasional ini diumumkan oleh General Manager Bandara, Handy Heryudhitiawan, dan akan berlangsung mulai pukul 06.00 WITA pada Senin hingga pukul 06.00 WITA pada Selasa.

Keputusan untuk menutup bandara I Gusti Ngurah Rai telah menjadi kebijakan tahunan dalam rangka mematuhi perayaan Hari Raya Nyepi, yang merupakan hari libur besar bagi umat Hindu di Bali. 

Handy Heryudhitiawan menyampaikan bahwa penutupan ini memberikan kesempatan bagi pihak bandara untuk beristirahat dan memelihara fasilitas yang biasanya sangat sibuk selama hari-hari biasa.

Kebijakan penutupan bandara ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan, termasuk NOTAM Airnav Cabang Denpasar nomor A044/24 NOTAMN dan Surat Edaran Gubernur Bali No.7/24 Oktober 2023 tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2024.

Selama periode penutupan ini, diperkirakan sebanyak 448 penerbangan akan terpengaruh, terdiri dari 244 penerbangan domestik dan 204 penerbangan internasional. 

Baca Juga : Ramadhan Akan Bareng Nyepi 2024, Umat Islam di Bali Diimbau Salat Tarawih di Rumah

Meskipun begitu, pihak bandara I Gusti Ngurah Rai akan tetap menugaskan 70 personel untuk berjaga-jaga di bandara guna mengantisipasi keadaan darurat.

Bandara I Gusti Ngurah Rai akan tetap melayani penerbangan berkaitan dengan kesehatan atau evakuasi medis dengan persyaratan khusus yang berlaku.

Penerbangan terakhir sebelum penutupan Nyepi dijadwalkan untuk berangkat pada Minggu (10/3), seperti penerbangan Super Air Jet tujuan Jakarta pukul 21.15 WITA, dan kedatangan terakhir adalah Indonesia Air Asia dari Jakarta pada Senin (11/3) pukul 00.20 WITA. 

Sedangkan untuk penerbangan internasional, pesawat terakhir yang berangkat adalah maskapai Cebu Pacific tujuan Manila pada Senin pukul 01.35 WITA, dan kedatangan terakhir adalah Indonesia Air Asia dari Kuala Lumpur pada pukul 01.30 WITA.

Baca Juga : Makna Hari Raya Nyepi Bagi Umat Hindu