Alasan Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatera

Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra mengungkap alasan pemadaman listrik luas di sejumlah wilayah Sumatera. Baca selengkapnya di sini!

Alasan Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatera
Alasan Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Sumatera. Gambar : katadata.co.id/Ajeng Dinar Ulfiana

BaperaNews - Manajer Komunikasi dan TJSL PLN UID Lampung, Darma Saputra, mengungkapkan bahwa pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah wilayah di Sumatera disebabkan oleh gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuk Linggau - Lahat, Sumatera Selatan. Gangguan ini berdampak luas hingga ke wilayah kerja Provinsi Lampung dan daerah lainnya di Sumatera.

“PT PLN (Persero) saat ini tengah bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera, salah satunya di Provinsi Lampung,” kata Darma Saputra di Bandar Lampung, Selasa, (4/6).

Gangguan pada transmisi SUTT 275 kV ini tidak hanya berdampak pada Lampung, tetapi juga menyebar ke wilayah lain seperti Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, dan Bengkulu.

Manajer Komunikasi dan TJSL PT PLN UID Sumsel, Jambi, dan Bengkulu (S2JB), Iwan Arissetyadhi, menyebutkan bahwa sistem transmisi ini merupakan jaringan interkoneksi yang terhubung dengan banyak wilayah di Sumatera.

Beberapa wilayah yang terdampak, yakni Lampung yang mana pemadaman listrik dirasakan sejak pukul 10.30 WIB, Selasa, (4/6). Jambi, listrik padam total pada hari yang sama. Sumatra Selatan, beberapa wilayah seperti Tanjung Barangan, Kecamatan Kemuning, dan lainnya turut mengalami pemadaman. Wilayah Bengkulu juga terdampak karena gangguan transmisi ini.

Baca Juga: PLN Rencanakan Bikin 2000 Tiang Listrik buat Charger Kendaraan Listrik

PLN mengerahkan ratusan personel untuk memulihkan kembali sistem kelistrikan yang terdampak. “Saat ini petugas sedang mengupayakan penormalan kembali,” ujar Darma Saputra. Mereka bekerja keras untuk memperbaiki jaringan transmisi dan memastikan pasokan listrik kembali normal.

Perusahaan setrum negara tersebut juga meminta maaf kepada masyarakat akibat pemadaman listrik tersebut.

PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para pelanggan kami,” tambah Darma.

Hingga Rabu, (5/6) pukul 08.00 WIB, PLN UID Lampung memastikan sebanyak 401.643 listrik pelanggan di Lampung telah kembali menyala. Upaya penormalan dilakukan secara bertahap sehingga masyarakat bisa kembali menikmati listrik.

Baca Juga: Pemerintah RI Siapkan Dana Rp7,3 Triliun Subsidi Motor Listrik