Aturan Terbaru Kunjungan Wisata ke Bromo Selama Libur Lebaran 2023

Kuota kunjungan wisata ke Gunung Bromo selama libur lebaran 2023 telah ditetapkan. Simak penjelasannya dan pastikan kamu membeli tiket secara online.

Aturan Terbaru Kunjungan Wisata ke Bromo Selama Libur Lebaran 2023
Aturan Terbaru Kunjungan Wisata ke Gunung Bromo. Gambar : Antara Foto/Dok. Umarul Faruq

BaperaNews - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menetapkan batasan jumlah pengunjung untuk masa libur lebaran 2023 ini.

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka menyebut kuota selama libur dan cuti lebaran kemarin di tanggal 19-25 April 2023 ditetapkan 75% dari jumlah daya tampung kawasan sebagai bentuk antisipasi adanya peningkatan kunjungan wisatawan. Diketahui gunung Bromo jadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur.

“Jadi kuota yang ditetapkan itu maksimal 75% dari kapasitas wilayah, per hari hanya boleh 2.202 pengunjung saja. Diberlakukan kuota pembatasan kunjungan gunung Bromo yang tertera di website resmi, jika kuotanya habis wisatawan tidak bisa masuk ke kawasan taman nasional dan harus kembali pulang” terang Septi hari Sabtu 22/4.

Tidak ada pembelian tiket secara langsung di pintu masuk kecuali di Ranu Regulo. Pengunjung harus beli tiket secara online di laman https://www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org. Penetapan kuota pembatasan kunjungan gunung Bromo dibagi per wilayah yaitu :

  • Bukit cinta 93 orang per hari
  • Bukit kedaluh 321 orang per hari
  • Penanjakan 666 orang per hari
  • Mentigen 165 orang per hari
  • Savana teletubbies 957 orang per hari

Baca Juga : Tempat Wisata Malang Terbaru yang Cocok untuk Liburan!

Jadi para pengunjung yang datang harus sudah pegang karcis dan mengedepankan keselamatan mengingat saat ini Bromo masih di level II atau waspada sehingga tidak diijinkan mendaki ke kawan.

“Pengunjung juga dilarang mendatangi dan melakukan aktivitas apapun di jarak 1 km dari kawah aktif gunung Bromo termasuk pengunjung Hillside juga wajib membeli tiket masuk ke kawasan” imbuhnya.

Aturan pembatasan kunjungan gunung Bromo lain yang ditetapkan ialah pengunjung dilarang membawa drone kecuali bagi yang sudah mendapat ijin untuk membuat video komersial.

Demi memaksimalkan keselamatan pengunjung, mengurangi kemacetan, dan mencegah resiko kecelakaan, truk dilarang melintas serta pengunjung harus memakai jib dari paguyuban, tidak boleh memakai mobil pribadi untuk masuk ke kawasan. 

“Batas akhir penggunaan mobil pribadi itu di rest area sebelum masuk ke kawasan TNBTS” pungkas Septi.

Gunung Bromo jadi salah satu destinasi incaran wisatawan di sepanjang hari libur dan seringkali melonjak di hari tertentu termasuk libur lebaran 2023, sebab itu pihak pengelola memberi batasan kuota untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung itu sendiri serta mencegah penumpukan wisatawan.

Baca Juga : Tempat Wisata Semarang Terbaru untuk Libur Lebaran!