Pemprov DKI Gelar Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global Untuk Rayakan Malam Tahun Baru 2024

Pemprov DKI Jakarta mempersiapkan Jakarnaval 2024, merayakan malam tahun baru dengan festival dan hiburan di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman.

Pemprov DKI Gelar Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global Untuk Rayakan Malam Tahun Baru 2024
Pemprov DKI Gelar Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global Untuk Rayakan Malam Tahun Baru 2024. Gambar : Dok.Satuviral.com

BaperaNews - Menghadapi tahun baru 2024, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan acara perayaan bagi warga ibu kota. Dalam rangka menyambut pergantian tahun, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar Jakarnaval di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

Acara ini diharapkan menjadi magnet bagi muda-mudi Jakarta dan turut mengusung tema Festival Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global.

Dalam keterangan yang diunggah di akun media sosialnya, Pemprov DKI Jakarta menjelaskan bahwa perayaan malam tahun baru akan dimulai pukul 20.00 WIB hingga 00.00 WIB. Festival ini akan menawarkan 11 panggung hiburan yang tersebar mulai dari Monas hingga FX Sudirman.

Panggung utama akan berada di Monas, dan sepuluh panggung lainnya akan berlokasi di berbagai titik strategis seperti Bundaran HI, Bank Indonesia, Sarinah, dan lainnya.

Rangkaian hiburan yang akan disajikan meliputi video mapping, panggung hiburan, serta parade Jakarnaval.

Parade ini akan menampilkan 10 IP-Based Character Jakarta, termasuk Maskot Jakarta-JeKaTe, Fun Cican, Our Happiness, Cute Monster, Si Juki, Si Unyil, Sayuti Koboi Betawi, Sri Asih, Si Buta dari Gua Hantu, dan Satria Dewa Gatot Kaca.

Baca Juga: Car Free Night Malam Tahun Baru, Ini Jam Sudirman-Thamrin Ditutup

Ani Ruspitawati, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, menyampaikan langkah-langkah antisipatif untuk menghadapi kegawatdaruratan selama acara. Sebanyak 88 petugas medis, 16 unit ambulans mobil, 15 unit ambulans motor, dan 2 unit ambulans sepeda akan ditempatkan di titik-titik strategis.

Posko pelayanan kesehatan juga akan disiapkan dan layanan kesehatan keliling menggunakan skuter akan diaktifkan.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, mengonfirmasi bahwa koordinasi telah dilakukan dengan para stakeholder untuk mendukung kesuksesan acara ini.

Sebagai pengganti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) pada 31 Desember, Jakarta Car Free Night akan diimplementasikan dengan penutupan jalan secara bertahap. Syafrin menambahkan bahwa terdapat 24 titik lokasi parkir yang tersebar di sepanjang area kegiatan.

Untuk menjaga keamanan, Pemrov DKI Jakarta akan menyiapkan 1.270 personel gabungan Satpol PP DKI Jakarta yang akan ditempatkan di 11 lokasi panggung hiburan, 53 titik sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, dan lima wilayah tingkat kota.

Perayaan malam tahun baru ini tidak hanya menghadirkan hiburan semata, tetapi juga memberikan peluang bagi UMKM setempat. Sebanyak 42 unit warung listrik yang diisi oleh 84 UMKM akan berpartisipasi dalam gelaran bazar, menyajikan berbagai keperluan bagi warga yang hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Lokasi Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta, TMII Paling Indah!