2 Pekerja Jatuh Saat Ganti Lampu Flyover di Lampung, 1 Tewas dan 1 Kritis

Kecelakaan kerja tragis di Lampung menyebabkan satu pegawai Dinas PU meninggal dan seorang siswa PKL kritis setelah terjatuh dari ketinggian 20 meter.

2 Pekerja Jatuh Saat Ganti Lampu Flyover di Lampung, 1 Tewas dan 1 Kritis
2 Pekerja Jatuh Saat Ganti Lampu Flyover di Lampung, 1 Tewas dan 1 Kritis. Gambar: OMPAS.COM/DOK. warga

BaperaNews - Kecelakaan kerja tragis terjadi di Lampung saat dua pekerja yang sedang memperbaiki lampu jalan di flyover terjatuh dari ketinggian 20 meter.

Insiden ini menyebabkan satu pegawai Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandar Lampung meninggal dunia, sementara seorang siswa SMK yang sedang menjalani praktik kerja lapangan (PKL) dalam kondisi kritis.

Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas PU Kota Bandar Lampung, Basuni Ahyar, mengonfirmasi bahwa korban meninggal dunia adalah Dermawan Wibisono (54), seorang pegawai Dinas PU. Korban lainnya adalah Boby Fatir (18), seorang siswa SMK yang sedang PKL di dinas tersebut.

"Benar, satu orang pegawai Dinas PU dan satu orang adalah siswa PKL. Sudah dibawa ke rumah sakit," kata Basuni saat dihubungi, Senin (29/7).

Kecelakaan ini terjadi di flyover Jalan P Antasari, tepat di atas Jalan Soekarno-Hatta, Kalibalok, pada Senin (29/7) sekitar pukul 09.30 WIB. Kedua korban saat itu sedang mengganti lampu jalan yang rusak. Mereka diangkat menggunakan crane untuk menjangkau lampu yang berada di ketinggian. 

Menurut Basuni, diduga kecelakaan ini terjadi karena dudukan boks crane patah saat kedua korban diangkat.

"Dudukan boksnya patah," ujar Basuni.

Baca Juga: Naura Ayu Terjatuh Saat Catwalk di JF3, Sikap Profesionalnya Jadi Sorotan

Akibatnya, kedua korban yang berada di ketinggian sekitar 20 meter dari tanah langsung terjun bebas tanpa mampu menyelamatkan diri.

Kabid Humas Polda Lampung, Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadilah, menyatakan bahwa pihak kepolisian sedang menyelidiki untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan tersebut.

"Anggota masih menyelidiki untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan itu," kata Umi.

Pihak kepolisian sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan dari saksi-saksi yang berada di lokasi saat kejadian.

Kecelakaan pekerja jatuh ini menimbulkan keprihatinan mendalam di kalangan masyarakat dan pemerintah setempat. Keluarga korban dan rekan-rekan kerja sangat terpukul oleh kejadian ini.

Dinas PU Kota Bandar Lampung bersama pihak kepolisian diharapkan dapat segera menemukan penyebab pasti kecelakaan ini agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Dalam beberapa hari ke depan, akan dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap prosedur keselamatan kerja, terutama dalam penggunaan alat berat seperti crane. Pihak dinas PU juga akan melakukan pendampingan dan memberikan bantuan kepada keluarga korban.

Baca Juga: Tragis! Seorang Anak Kecil 4 Tahun Tewas Usai Jatuh dari Lantai 16 Apartemen