Waspada ! Asteroid Mendekati Bumi Di Tanggal Ini. Catat Tanggalnya

Beberapa asteroid akan melintas dengan jarak yang cukup dekat dengan bumi, bila bertabrakan diperkirakan ledakannya akan luar biasa. Catat tanggalnya !

Waspada ! Asteroid Mendekati Bumi Di Tanggal Ini. Catat Tanggalnya
Ilustrasi Asteroid. Gambar : NASA/Johns Hopkins APL/Steve Gribben

BaperaNews - Tahun 2021 sebentar lagi akan berganti, hanya dalam waktu 1 bulanan lagi kita semua akan melewati tahun ini. Banyak fenomena – fenomena astronomi yang terjadi di tahun ini. Untuk menutup tahun setidaknya akan ada gerhana matahari dan fenomena asteroid.

Dilansir dari Viva Tekno, akaa ada asteroid yang melakukan pergerakan mendekati bumi hingga bulan Desember mendatang. Ini ada deretan asteroid yang sudah dan akan mulai melakukan pergerakan mendekati orbit bumi. Apa sajakah jenis asteroid tersebut?

Asteroid 2008 GO20

Tercatat pada tanggal 24 Juli 2021 lalu, terdapat asteroid yang diberi nama Asteroid 2008 GO20 yang sudah melintas dan juga mendekati bumi. Center for Near Earth Object Studies yang dimiliki oleh Badan Penerbangan dan Antariksa (CNEOS NASA) telah mendeteksi adanya lintasan batuan antariksa. Benda langit tersebut berhasil dideteksi telah melewati Bumi dengan jarak yang cukup dekat yakni 0,03283 unit astronomi, namun masih bisa dikatakan aman.

Ukuran dari asteroid tersebut berkisar antara 92 meter sampai 210 meter. Jika diibaratkan seperti 2 kali lebih besar dari Menara Big Ben yang ada di Westminster, London, Inggris.

Asteroid 1998 SD9

Pada tanggal 6 Oktober 2021, batu yang ada di luar angkasa satu ini mencoba untuk mendekati Bumi dengan kisaran jarak 2,5 juta mil dan dinyatakan masih aman. Proses pendekatan tersebut tercatat pada pukul 02.53 WIB. Menurut prediksi perhitungan dari pihak NASA, ukuran batuan tersebut mencapai 44 meter sampai 99 meter. Sebelum akhirnya mendekati Bumi, batuan tersebut sudah terdeteksi oleh NASA dari beberapa minggu sebelumnya. Jarak yang dianggap berpotensi bahaya jika objek di luar angkasa berada pada jarak kurang dari 4,65 juta mil di sekeliling Bumi. Apalagi jika terpantau dengan gerakan yang cepat.

Asteroid 1994 WR12

Pada tanggal 29 November 2021, terdeteksi asteroid besar yang mencoba mendekati Bumi dan meluncur menuju ke arah jalur orbit Bumi dengan perkiraan ukuran mencapai 430 kaki. Menurut para ilmuwan bidang astronomi memperkirakan energi yang dihasilkan jika sampai menabrak Bumi berada di kisaran 77 megaton TNT. Untuk jarak terdekatnya saat mendekati bumi berada pada jarak 3,8 juta mil.

Asteroid 2003 SD220

Ukuran batu luar angkasa satu ini diprediksikan mencapai 791 meter. Diperkirakan, kini asteroid tersebut sudah mulai mendekati Bumi dan puncaknya pada tanggal 17 Desember 2021 dengan kisaran jarak setidaknya mencapai 5,4 juta kilometer. Kecepatan asteroid ini diperkirakan mencapai 5,6 km per detik.

Asteroid 2018 AH

Pada tanggal 27 Desember 2021 mendatang, diperkirakan akan ada batu asteroid yang mendekati Bumi dengan jarak kurang lebih 296.758 km. Kondisinya yang redup, menjadikannya tak terlalu diperhatikan oleh para peneliti antariksa. Jika Asteroid 2018 AH ini sampai jatuh ke Bumi, ledakannya akan lebih dahsyat jika dibandingkan dengan bom nuklir dengan kekuatan mencapai 12 megaton.