Gerhana Matahari Terakhir 2021 Terjadi 4 Desember, Istimewa di Antartika

Gerhana Matahari terakhir 2021 akan terjadi pada 4 Desember. Berikut Informasinya, Catat waktu terjadinya Gerhana Matahari !

Gerhana Matahari Terakhir 2021 Terjadi 4 Desember, Istimewa di Antartika
Ilustrasi gerhana matahari. Gambar : Pixabay.com

BaperaNews - Dalam waktu dekat, akan ada fenomena alam menarik gerhana matahari yang mana menjadi fenomena terakhir di tahun 2021 ini. Gerhana matahari tersebut, diprediksikan akan terjadi pada tanggal 04 Desember 2021 mendatang. Khusus untuk belahan bumi bagian selatan akan bisa melihat gerhana matahari total atau pun gerhana matahari sebagian. Fenomena ini terjadi saat bulan berada di tengah – tengah antara Matahari dan Bumi dalam satu garis sehingga menyebabkan matahari tampak gelap karena tertutupi oleh keberadaan bulan.

Gerhana matahari total bisa dinikmati oleh siapa saja yang tinggal tepat di titik pusat bayangan bulan. Saat kondisi langit mulai berubah menjadi gelap, secara otomatis gerhana matahari total pun akan tampak begitu jelas. Diprediksikan hanya daerah Antartika saja yang akan mendapatkan kesempatan melihat fenomena gerhana matahari total tersebut 

Dilansir dari laporan lembaga antariksa dan penerbangan Amerika Serikat (NASA), tempat satu – satunya yang ada di berbagai belahan bumi yang akan mendapatkan keistimewaan bisa menikmati gerhana matahari total hanya lah kawasan Antartika yang diprediksikan akan terjadi pada tanggal 04 Desember 2021.

Sedangkan orang yang mempunyai kesempatan bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian antara lain adalah yang tinggal di kawasan Australia, Selandia Baru, Cile, Kepulauan Falkland, Kepulauan Crozet, Kepulauan Sandwich, Georgia Selatan, Afrika Selatan, Lesotho, Namibia, dan Saint Helena 

Seorang pengamat harus mendapatkan pandangan cakrawala yang baik sehingga saat tiba waktunya peristiwa terbit dan terbenamnya matahari, mereka bisa dengan jelas memperhatikan fenomena alam gerhana matahari.

Buat kalian yang tak berani menyaksikannya secara langsung, kalian bisa menontonnya pada tayangan yang rencananya akan disediakan oleh NASA melalui akun Youtube dan NASA Live. Siaran langsung tersebut akan diambil dari Union Glacier, Antartika yang mana kalian bisa berkesempatan melihat gerhana matahari total dalam waktu dekat. Untuk waktu tayangnya sendiri dimulai dari pukul 12 IST atau 13 WIB. Diprediksikan gerhana matahari total bisa terlihat dengan jelas mulai pukul 13.14 IST atau pukul 14.44 WIB.

Melihat gerhana matahari langsung tidak diperbolehkan demi keamanan indra penglihatan. Namun jika kalian sangat ingin melihatnya secara langsung, bisa mengenakan kacamata khusus atau bisa menikmatinya melalui siaran dari NASA.