Gerbong Kereta Gratis Untuk Motor Disiapkan Selama Masa Mudik

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy ungkap pemerintah sudah siapkan gerbong kereta gratis untuk motor yang disediakan selama mudik Lebaran tahun ini!

Gerbong Kereta Gratis Untuk Motor Disiapkan Selama Masa Mudik
Gerbong Kereta Gratis Untuk Motor Disiapkan Selama Masa Mudik. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah sudah siapkan gerbong kereta gratis untuk diisi motor yang disediakan pemudik selama mudik gratis Lebaran 1443 H atau 2022 ini.

Muhadjir meminta kepada Menteri Perhubungan, Budi Karya untuk menyiapkan gerbong kereta gratis tersebut untuk mengangkut motor pemudik, “Oleh sebabnya pemudik yang pakai kereta api juga bisa bawa motornya, untuk motornya gratis” ujarnya.

Fasilitas tersebut disediakan pemerintah untuk mendorong masyarakat agar mudik dengan kendaraan umum namun tetap bisa membawa motornya sebab pemerintah ingin pemudik tidak naik motor sebab rawan kecelakaan.

Ia menambahkan, mudik dengan kendaraan umum juga bisa mengurangi kemacetan di jalan raya. Diketahui motor memang menjadi salah satu jenis kendaraan pribadi yang sering dipakai untuk mudik, dari data Kemenhub tahun 2019, pemudik dengan motor mencapai 1.378.574 motor yang melintas di arus mudik dan arus balik.

“Jadi nanti motornya bisa dipakai ketika tiba di tempat tujuan” lanjutnya. Sedangkan Menhub, Budi Karya juga menyatakan sudah meminta PT KAI (Kereta Api Indonesia) untuk menyiapkan gerbong khusus bagi para pemudik yang membawa motor untuk mudik Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Pekerja Dengan Gaji Di Bawah Rp 3.5 Juta Dapat Subsidi Upah Sebesar 1 Juta

“Kemenhub sudah mengadakan mudik gratis dengan motor, untuk orangnya naik kereta api bayar, kalau pemudik yang naik bus disediakan truk untuk motornya, gratis juga” jelasnya hari Jumat 8 April 2022.

Presiden Jokowi memang telah mengumumkan untuk tahun 2022 ini masyarakat diperbolehkan mudik tanpa harus tes covid19 dengan syarat sudah vaksin covid19 lengkap dengan boosternya, sedangkan untuk pemudik yang sudah vaksin covid19 dua kali wajib menunjukkan tes antigen covid19 negatif, dan pemudik yang baru vaksin covid19 satu kali harus menyertakan tes negatif covid19 PCR.

Selain motor gratis untuk pemudik yang naik kereta api dan bus, Kemenhub juga memberikan mudik gratis rute Jabar dan Jateng dengan 350 bus yang bisa mengangkut 10.500 pemudik. “Kita akan siapkan 350 bus mudik gratis tahun ini yang bisa mengangkut 10.500 orang penumpang, akan kita bagi baik yang mudik maupun yang balik” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setyadi hari Jumat 8 April 2022.

Baca Juga: Cuti Bersama Lebaran 4 Hari 29 April Hingga 4 Sampai 6 Mei 2022