Viral Video Jemaah Haji asal Bangkalan Madura Diduga Jualan Rujak di Mekah

Video viral jemaah haji perempuan Madura yang mengulek bumbu rujak di Mekah menimbulkan perdebatan. Baca selengkapnya di sini!

Viral Video Jemaah Haji asal Bangkalan Madura Diduga Jualan Rujak di Mekah
Viral Video Jemaah Haji asal Bangkalan Madura Diduga Jualan Rujak di Mekah. Gambar: Kolase tangkapan Layar Instagram/@wecarebangkalanmadura

BaperaNews - Video yang menunjukkan sejumlah jemaah haji perempuan diduga asal Madura sedang mengulek bumbu rujak di Mekah viral di media sosial.

Video tersebut menampilkan dua perempuan berkerudung putih seperti pakaian ihram sibuk menyiapkan bumbu rujak di Arab Saudi. Video jemaah haji jualan rujak ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @wecarebangkalanmadur pada Selasa (18/6).

Dalam video berdurasi 44 detik tersebut, terlihat salah satu perempuan duduk menghadapi sebuah cobek dan mengulek bumbu, sementara perempuan lain membantu dengan menuangkan air dan bumbu pelengkap. Di sekitar mereka, tampak sejumlah pria dan wanita mengenakan pakaian ihram putih, yang diduga berasal dari berbagai negara.

Keterangan dalam video menyebutkan bahwa perempuan tersebut berasal dari Desa Tobiru, Sampang, Madura. Namun, Kepala Kemenag Bangkalan, Ahmad Sururi, membantah bahwa mereka adalah jemaah haji asal Bangkalan, Madura.

Sururi memastikan bahwa jemaah haji dari Bangkalan fokus pada ibadah dan tidak berjualan rujak selama berada di Tanah Suci.

"Tidak benar itu menurut ketua kloter 100 dan 101. Di tenda tidak ada yang berjualan," tegas Ahmad Sururi saat dikonfirmasi pada Kamis (20/6).

Baca Juga: Anak 7 Tahun di Cipulir Digigit Anjing Tetangga, Saraf Air Matanya Putus

Meskipun ada pengakuan dari perempuan dalam video bahwa mereka berasal dari Bangkalan, Ahmad Sururi menegaskan bahwa hal tersebut tidak serta merta menjadikan mereka sebagai bagian dari jemaah haji Bangkalan.

"Saya memastikan lewat ketua kloter 100 dan 101 bahwa itu bukan jemaah haji Bangkalan," tambahnya.

Video yang telah disukai sebanyak 3.364 kali dan mendapatkan 206 komentar hingga Kamis (20/6) ini menimbulkan beragam reaksi dari warganet. 

"Astaga, Madura ini memang terkenal gigih dalam berjualan, tapi kurang pemahaman tentang sampah, harusnya itu sampahnya dibuang dulu biar orang tertarik beli di situ," tulisnya.

Selain itu, seorang warganet yang mengaku sebagai perekam video tersebut, dengan akun @mohtherr_, juga memberikan komentarnya. Sementara itu, pria yang merekam video terdengar berkata dalam bahasa Madura, menanyakan asal perempuan tersebut dan mengonfirmasi bahwa mereka berasal dari Tobiru, Sampang, Madura.

@baperanews.com Video viral jemaah haji perempuan Madura yang mengulek bumbu rujak di Mekah menimbulkan perdebatan #jamaahhaji #rujak #vira ♬ Funny video "Carmen Prelude" Arranging weakness(836530) - yo suzuki(akisai)

Baca Juga: Kesal Difitnah Curi Ayam, Pria Bunuh Nenek Tetangganya di Gunungkidul