Ruangguru Mendadak Umumkan PHK, Ratusan Karyawan Jadi Korban

Salah satu perusahaan lokal yang bergerak di bidang pendidikan, Ruangguru mendadak melakukan PHK terhadap karyawannya secara besar-besaran.

Ruangguru Mendadak Umumkan PHK, Ratusan Karyawan Jadi Korban
Ruangguru mendadak PHK Karyawan besar-besaran. Gambar : Instagram.com/@belvadevara

BaperaNews - Salah satu perusahaan lokal yang bergerak di bidang pendidikan, Ruangguru melakukan PHK karyawan besar-besaran, PHK karyawan ini disebut dilakukan secara mendadak.

Hal ini diketahui dari salah satu mantan karyawan jadi korban PHK mendadak, ia enggan disebutkan namanya, ia bercerita pengalamannya. Pemberitahuan tentang PHK karyawan hanya diberi melalui email, berupa tautan meeting online yang menginformasikan bahwa ia akan di PHK.

“Ini dadakan banget. Saya kan mulai kerjanya jam 9, jam 10an itu dapat chat dari rekan saya, dia ngabarin dia kena PHK, saya dan dia posisinya sudah karyawan tetap, dikabarin di email dikasih invitation Google Meet tentang pemberitahuan PHK, saya kemudian cek email dan ternyata saya juga dapat untuk meet itu” ungkapnya Jumat (18/11).

Semuanya berlalu dengan cepat, tepat pukul 12 siang, benar saja, meeting online dimulai, para peserta diberitahu dirinya di PHK dengan alasan efisiensi. “Jam 12 an itu meeting kita dikasih tau kita di PHK, katanya efisiensi” imbuhnya.

Menurutnya, selama ini Ruangguru belum ada gelagat untuk mem PHK karyawan, ia bahkan telah bekerja selama 3,5 tahun di Ruangguru. Namun ia mengakui, memang di tahun 2022 ini, semua karyawan kontrak Ruangguru tidak diperpanjang kontraknya.

“Nggak ada sama sekali gelagat untuk PHK, kita kaget. Cuma sebelumnya memang karyawan yang habis kontrak itu nggak ada yang dilanjutkan, eh taunya karyawan yang tetap juga kena” tuturnya.

Baca Juga : Gojek Tokopedia (GoTo) PHK 1.300 Karyawan

PHK karyawan ini dilakukan Ruangguru secara merata di semua divisi dengan jumlah sangat banyak, besar-besaran, dan mendadak. Di media sosial bahkan disebutkan Ruangguru mem PHK 50% dari jumlah karyawannya secara bersamaan.

PHK juga tidak memandang posisi karyawan, ada sejumlah posisi senior ikut di PHK. “Kayaknya sih bener sampai 50%, orang banyak banget kayaknya” terangnya.

Penjelasan Ruangguru

Ruangguru mengakui telah melakukan PHK karyawan secara besar-besaran, hanya saja, pihaknya menegaskan jumlah yang di PHK tidak sampai 50% dari jumlah karyawan.

“Kami ingin klarifikasi bahwa statement 50% karyawan di PHK tidak benar, jumlahnya jauh lebih kecil dari itu, memang ada ratusan pegawai yang terdampak,” tegas Corporate Communications Team Ruangguru.

Ia juga menyebut pemberitahuan PHK karyawan ini tidak hanya disampaikan di email saja, namun juga ada pertemuan empat mata dengan manajer tim. “Pemberitahuan tidak hanya lewat email tapi juga disampaikan langsung ketika one on one meeting dengan manajernya” pungkasnya.

Baca Juga : Meta, Induk Perusahaan Facebook PHK 11 Ribu Karyawan. Mark Zuckerberg Bangkrut?