Viral Video, Gunung Kelud Dipadati Antrean Pendaki Saat Long Weekend

Gunung Kelud mengalami lonjakan pendaki selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, menyebabkan antrean panjang di jalur pendakian.

Viral Video, Gunung Kelud Dipadati Antrean Pendaki Saat Long Weekend
Viral Video, Gunung Kelud Dipadati Antrean Pendaki Saat Long Weekend. Gambar : Tiktok/@pajarsedangwo

BaperaNews - Gunung Kelud mengalami lonjakan pendaki hingga menimbulkan antrean panjang saat libur panjang (long weekend) Maulid Nabi Muhammad SAW. Kepadatan ini terjadi di jalur pendakian via Desa Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Minggu (15/9). Antrean tersebut terekam dalam video yang kemudian viral di media sosial.

Video yang diunggah pada Senin (16/9) menunjukkan sejumlah pendaki mengantre, baik yang sedang naik menuju puncak Gunung Kelud maupun yang turun. Video ini menarik perhatian publik, dengan lebih dari 123 ribu penonton, 8.000 like, dan 400 komentar.

"Wis koyo do antri sembako (Sudah seperti antrean sembako)," tulis akun yang mengunggah video tersebut.

Ika Trisnawatiningtyas, salah satu pendaki yang turut mengalami antrean saat turun dari Gunung Kelud pada Minggu (15/9), membenarkan bahwa kondisi pendakian memang sangat ramai.

"Mulai pendakian sekitar pukul 06.15 WIB, pas naik awalnya memang ramai. Tapi semakin ramai pas pos 4 (camp area) sampai puncak. Sudah banyak pendaki lain yang menunggu antrean," kata Ika saat dimintai konfirmasi pada Senin (16/9).

Baca Juga: Viral! Pendaki Perempuan Ini Keciduk Buang Air Kecil di Mata Air Gunung Gede Pangrango

Kepadatan terjadi terutama di pos 4 hingga menuju puncak. Banyak pendaki yang harus menunggu giliran untuk melanjutkan perjalanan, baik mereka yang mendaki ke atas maupun yang turun.

Ika menyebut bahwa saat pagi hari kondisi masih terkendali, namun semakin siang jumlah pendaki terus bertambah hingga akhirnya terjadi antrean panjang.

Kapolsek Garum Polres Blitar, AKP Punjung Setyo, membenarkan adanya lonjakan pengunjung Gunung Kelud yang mengakibatkan antrean pada jalur pendakian via Karangrejo, terutama pada Minggu (15/9).

Menurutnya, kepadatan ini terjadi karena bertepatan dengan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, yang menarik banyak wisatawan dan pendaki ke kawasan tersebut.

"Kemarin Minggu (15/9) memang ramai, tapi hari ini sudah sepi atau normal lagi. Karena memang kemarin itu pas libur panjang, jadi Sabtu-Minggu ramainya," jelas AKP Punjung Setyo saat dimintai konfirmasi pada Senin (16/9).

Baca Juga: Viral! 5 Pendaki Wanita Nangis karena Tersesat dan Kelaparan di Gunung Muria