Viral Dua Bocah 10 Tahun di Madura Diduga Nikah, Netizen: Ada Ada Saja

Video pernikahan dini di Madura memicu perdebatan tentang tradisi lokal versus hak anak.

Viral Dua Bocah 10 Tahun di Madura Diduga Nikah, Netizen: Ada Ada Saja
Viral Dua Bocah 10 Tahun di Madura Diduga Nikah, Netizen: Ada Ada Saja. Gambar: Tiktok/@karehestohh

BaperaNews - Sebuah video baru-baru ini viral di media sosial. Video ini menunjukkan dua anak di bawah umur yang diduga tengah melangsungkan pernikahan di Madura. Pasangan remaja ini hanya berusia 10 tahun, dan video acara lamaran mereka viral di platform TikTok dan Instagram.

Video ini awalnya diunggah oleh akun TikTok @karehestohh dan diunggah ulang di akun Instagram @sedangrame. Dalam video tersebut, kita bisa melihat kedua remaja tersebut berdiri di teras rumah, dikerumuni oleh warga sekitar. 

Remaja laki-laki hanya mengenakan kemeja putih dan kopiah hitam, sementara remaja perempuan mengenakan gamis hitam dan keurudung biasa.

Kedua pasangan remaja ini hanya berdiri berdampingan, terlihat canggung satu sama lain. Seorang warga memberikan amplop putih kepada remaja perempuan tersebut, seperti tradisi pemberian uang dalam acara lamaran.

Dalam keterangan yang disertakan oleh pengunggah video, tidak dijelaskan secara pasti acara yang tengah berlangsung. Namun, banyak warganet menduga bahwa ini adalah acara lamaran atau perjodohan. Beberapa di antara mereka berpendapat.

Baca Juga : Viral Video Seorang Ibu Minta Izin kepada Anaknya untuk Menikah Lagi

"Dari pada melakukan yang aneh-aneh, lebih baik menikah." Kejadian ini dilaporkan terjadi di Sampang, Madura.

Pengunggah video mengungkapkan bahwa remaja laki-laki dalam video tersebut baru berusia 10 tahun. Mereka juga menyebut bahwa kedua remaja ini masih ditanggung oleh orangtua masing-masing.

Reaksi di media sosial tidak terlalu beragam. Banyak warganet mengecam peristiwa ini karena melibatkan anak-anak di bawah umur dalam pernikahan atau lamaran.

"Apa yang ada di pikiran mereka sampai nikah di usia muda?"

"Nikah aja dulu, nanti kalo laper, pulang ke rumah masing-masing."

"Mereka bahkan belum lulus SD. Yang aneh bukan hanya pengantinnya, tapi juga keluarganya."

"Umur segitu, gue masih ngejar layangan masuk hutan dan keluar saat maghrib."

Selain itu, ada komentar yang menyatakan bahwa pernikahan dini seperti ini sudah menjadi hal biasa di Madura. Bahkan, beberapa mengklaim bahwa banyak bayi sudah ditunangkan.

Pernikahan dini memang berkaitan dengan tradisi dan budaya lokal di Madura, meski demikian pasangan ini sebetulnya hanya dijodohkan, dan bila keduanya serius, akan dilangsungkan pernikahan pada saat dewasa.

@baperanews.com Sebuah video baru-baru ini viral di media sosial. Video ini menunjukkan dua anak di bawah umur yang diduga tengah melangsungkan pernikahan di Madura. Pasangan remaja ini hanya berusia 10 tahun, dan video acara lamaran mereka viral di platform TikTok dan Instagram. #menikahmuda #madura #baperanews ♬ Janji Setia - Tiara Andini

Baca Juga : Diduga Hamil di Luar Nikah, Kasir Minimarket Surabaya Melahirkan di Tempat Kerja