Tarif Parkir di Jogja Naik Hingga 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

Pemerintah daerah Yogyakarta mengizinkan tarif parkir naik hingga 5x lipat selama libur lebaran, kebijakan ini untuk menghindari penyelewengan biaya parkir

Tarif Parkir di Jogja Naik Hingga 5 Kali Lipat Selama Libur Lebaran
Tarif Parkir di Jogja naik selama lebaran. Gambar: surakarta.go.id

BaperaNews - Pemerintah Kota Yogyakarta mengijinkan tarif parkir Jogja dinaikkan selama masa libur dan cuti lebaran 2023 mendatang, maksimal 5 kali lipat dari harga biasa. Hal ini disampaikan oleh Kapolresta Yogyakarta Kompol Saiful Anwar. “Parkir jangan sampai lebih dari aturan Pemkot Yogyakarta, batas maksimalnya 5 kali, kami harap petugas parkir swasta atau masyarakat yang mengelola bisa mematuhinya” tutur Saiful hari Minggu (16/4).

Saiful juga menghimbau para pengelola parkir untuk memasang spanduk atau informasi tarif parkir Jogja. “Pasang banner di lokasi parkir, ditulis disitu tarifnya supaya masyarakat yang mengetahui ada biaya parkir melebihi batas bisa lapor” imbuhnya.

Pihaknya akan menindak tegas juru parkir yang memberi tarif lebih dari batas, menurutnya, biaya parkir mahal atau tak wajar bisa mencoreng wisata Yogyakarta. Pj Walikota Yogyakarta Sumadi menambahkan, Yogyakarta sepanjang musim lebaran selalu ramai oleh pemudik maupun oleh wisatawan. Adanya pembatasan batas kenaikan harga parkir maksimal 5 kali ini agar ada batasan harga parkir tersebut, agar memberi rasa nyaman pada warga dan wisatawan.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Persilakan Warga Mudik Buat Titip Kendaraan Di Polsek

Hal ini supaya parkir nuthuk tidak ada lagi di Yogya ketika libur lebaran. “Kami siapkan tempat parkir tidak hanya pemerintah dan swasta, parkir jangan sampai nuthuk apalagi terupload di media sosial. Tarif kalau motor itu Rp 2.000, harga maksimal di event seperti ini (lebaran) Rp 10.000 (5 kali lipatnya)” ucap Sumadi.

Sumadi juga meminta Dinas Perhubungan mengawasi dan menindaklanjuti jika ditemukan ada masalah terkait biaya parkir. “Kami tak segan-segan kalau ada parkir yang nuthuk untuk kami beri tindakan tegas” pungkasnya.

Diketahui Yogya menjadi salah satu kota incaran pemudik maupun wisatawan karena beragam keindahan wisata yang ditawarkan di samping budayanya yang ramah. Yogya memiliki keunikan budaya yang masih tersimpan dan dirawat hingga saat ini, tak heran banyak wisatawan dari lokal maupun mancanegara yang datang.

Di sisi lain, juru parkir juga menjadikan momen ini sebagai ajang penambah rezeki, mereka menaikkan tarif parkir yang seringkali berada di tarif yang tidak wajar, sebab itu ditegaskan bahwa pengelola parkir memang boleh naikkan tarif parkir namun maksimal sampai 5 kali lipat dari harga tarif parkir Jogja biasanya.

Baca Juga: Jalan Tol Solo - Jogja Resmi Dioperasikan Selama Mudik