Tak Maju Pilkada Jabar, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat Berkompetisi untuk Para Kandidat

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memutuskan untuk tidak akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2024. 

Tak Maju Pilkada Jabar, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat Berkompetisi untuk Para Kandidat
Tak Maju Pilkada Jabar, Sandiaga Uno Ucapkan Selamat Berkompetisi untuk Para Kandidat. Gambar : Kompas.id/Dok. Hendricus Arga Yudhantara

BaperaNews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan bahwa dirinya tidak akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) 2024. 

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Sandiaga Uno, pada Kamis (29/8). Meski sebelumnya Sandiaga sempat mendapatkan tawaran dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai bakal calon gubernur (bacagub) berpasangan dengan Acep Adang Ruhiat, namun ia akhirnya memilih untuk tidak terlibat dalam kontestasi tersebut. 

Dalam keterangannya, Sandiaga menjelaskan, “Setelah mempertimbangkan secara seksama, merenungkan perjalanan politik kami, diskusi bersama keluarga, dan di ujungnya saya melakukan istikharah. Berikut hasil perenungan dan jawaban saya.” 

Selain itu, Sandiaga Uno juga mengucapkan selamat berkompetisi kepada sahabat-sahabatnya di Jawa Barat yang akan bertarung dalam Pilkada 2024. 

Ia menyatakan, “Saya menyampaikan untuk saat ini, mengucapkan selamat berkompetisi kepada sahabat-sahabat saya di Jawa Barat.” 

Baca Juga : Partai Buruh dan PKB Bantah Isu Daftarkan Anies Baswedan ke KPU Hari Ini

Dalam konteks Pilkada 2024, Sandiaga juga mendoakan kesuksesan bagi beberapa tokoh politik yang akan bertarung, seperti Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, putra Presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ilham Habibie, politisi Partai Gerindra Dedi Mulyadi, serta politisi PDI-P Ono Surono. 

“Mereka semua teman-teman saya. Saya mengenal mereka pribadi dalam jangka waktu yang panjang. Mereka semua memiliki keinginan penuh itikad baik untuk Jawa Barat,” tambahnya.

Keputusan Sandiaga Uno untuk tidak maju dalam Pilkada 2024 bisa jadi mengejutkan bagi banyak orang. Namun, ia menegaskan bahwa meskipun tidak menjadi calon gubernur, ia akan tetap berkiprah di dunia politik dengan peran-peran lain yang mungkin akan dijalankan di masa depan. 

“Insya Allah sepanjang kita berjalan dari rel politik untuk kebaikan bangsa dan negara, untuk kebaikan orang banyak, kita akan selalu menemukan titik temu kesamaan perjuangan,” imbuh dia.

Dengan langkah ini, Sandiaga Uno menunjukkan bahwa ia tetap berkomitmen untuk berkontribusi pada masyarakat dan bangsa, meskipun tidak dalam kapasitas sebagai calon gubernur. 

Baca Juga : Megawati Tidak Mau Anies, Pramono Anung-Rano Karno Daftar Pilgub Jakarta Hari Ini