Susno Duadji: Iptu Rudiana Layak Diperiksa hingga Rekonstruksi Ulang Soal Kasus Pembunuhan Vina

Susno Duadji dan Hotman Paris mendesak Polda Jabar untuk segera memeriksa Iptu Rudiana terkait kasus pembunuhan Vina Cirebon. Simak selengkapnya di sini!

Susno Duadji: Iptu Rudiana Layak Diperiksa hingga Rekonstruksi Ulang Soal Kasus Pembunuhan Vina
Susno Duadji: Iptu Rudiana Layak Diperiksa hingga Rekonstruksi Ulang Soal Kasus Pembunuhan Vina. Gambar: sumsel.tribunnews.com

BaperaNews - Eks Kabareskrim Polri, Komjen Pol (Purn) Susno Duadji, baru-baru ini mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan terkait kasus pembunuhan Vina Cirebon. Susno meminta penyidik Polda Jabar untuk segera memanggil Iptu Rudiana, ayah dari almarhum Eki, untuk diperiksa demi mengungkap kejadian yang sebenarnya.

Dalam acara Apa Kabar Indonesia Malam di TV One pada Kamis (6/6/2024), Susno Duadji menegaskan bahwa keterangan dari Iptu Rudiana sangat diperlukan. Menurutnya, pemeriksaan ini penting meskipun keluarga Eki sedang dalam masa berduka.

"Untuk memeriksa saudara Rudiana, bapaknya Eky. Kita sangat berduka cita dan sangat memahami kesedihan jiwa beliau tapi harus diperiksa supaya kasus ini terungkap tuntas," ujar Susno.

Susno juga memperingatkan agar kasus ini tidak disidangkan hanya berdasarkan skenario dari Aep yang dianggapnya sebagai kebohongan.

"Jangan sampai perkara ini sampai ke hakim disidangkan bahkan sudah sampai pututsan kasasi hanya berdasarkan skenario yang dibuat sodara Aep," lanjutnya.

Selain itu, Susno Duadji menilai bahwa pra rekonstruksi dari kasus pembunuhan Vina harus diulang. Hal ini karena munculnya saksi baru bernama Suroto, yang dianggapnya memiliki keterangan yang lebih kuat dibandingkan dengan dua saksi sebelumnya, Aep dan Melmel.

"Kesaksian saudara Suroto bisa diperkuat dengan kesaksian anggota Polri dan rumah sakit, tapi kesaksian Aep dan Melmel itu menjadi guideline daripada jalannya perkara ini. Berarti perkara yang dulu didasarkan keterangan Aep dan Melmel itu bohong," jelas Susno.

Di sisi lain, Marliana (33), kakak dari almarhum Vina, mengungkapkan rasa curiga dan heran atas sikap keluarga Eki yang seolah menghilang sejak kasus ini kembali mencuat. Marliana merasa keluarga Vina berjuang sendiri untuk mencari keadilan, sementara keluarga Eki tidak dapat dijangkau.

Baca Juga: Produser Film Vina Dilaporkan ke Polisi karena Dianggap Buat Kegaduhan

"Tidak ada komunikasi dengan keluarga Eki," ujar Marliana saat diwawancarai di rumahnya di Kampung Samadikun, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Rabu (5/6/2024).

Marliana menjelaskan bahwa terakhir kali mereka berkomunikasi dengan keluarga Eki adalah pada saat sidang tahun 2017.

"Terakhir komunikasi dengan bapak Eki ya waktu sidang itu. Setelah proses awal selesai, sekarang tidak mencoba menghubungi lagi," jelas dia.

Pengacara kondang Hotman Paris juga turut mendesak Polda Jabar untuk memeriksa Iptu Rudiana. Melalui akun Instagram pribadinya @hotmanparisofficial, Hotman menyatakan bahwa Iptu Rudiana dapat memberikan banyak penjelasan terkait kasus pembunuhan Vina.

"Hari ini Rabu siang bapaknya almarhumah Vina akan diperiksa sebagai saksi di Polda Jabar," ujar Hotman Paris dilansir dari Instagram pribadinya.

Hotman mendesak agar Polda Jabar juga memeriksa ayah dari almarhum Eki, yang merupakan seorang polisi aktif.

"Dalam kesempatan ini Hotman Paris juga memohon kepada Polda Jabar untuk memeriksa saksi yang jauh lebih penting yaitu bapaknya almarhum Eki yaitu pak Rudi yang adalah polisi aktif sekarang ini, ayah kandung dari almarhum Eki," pintanya.

Hotman Paris yakin bahwa Iptu Rudiana memiliki banyak informasi penting terkait kasus ini."Saya yakin dia akan memberikan informasi banyak dan aku juga bingung kenapa bapaknya almarhum Eki ini silent, tidak mau bersuara bahkan tidak mau menghubungi kami walaupun kami sudah hubungi berkali-kali," jelasnya.

Kasus pembunuhan Vina Cirebon ini terus bergulir dengan berbagai pihak mendesak agar penyelidikan dilakukan secara tuntas. Susno Duadji dan Hotman Paris sepakat bahwa keterangan dari Iptu Rudiana sangat penting untuk mengungkap kebenaran dalam kasus pembunuhan Vina.

Baca Juga: Cerita Hegi yang Jadi Korban Cocoklogi pada Kasus Pembunuhan Vina: Benar Itu Foto Saya