Cerita Hegi yang Jadi Korban Cocoklogi pada Kasus Pembunuhan Vina: Benar Itu Foto Saya

Hegi Prayoga membenarkan bahwa foto yang tersebar di media sosial adalah foto dirinya, tetapi ia membantah bahwa dirinya terlibat dalam kasus pembunuhan Vina. Baca selengkapnya di sini!

Cerita Hegi yang Jadi Korban Cocoklogi pada Kasus Pembunuhan Vina: Benar Itu Foto Saya
Cerita Hegi yang Jadi Korban Cocoklogi pada Kasus Pembunuhan Vina: Benar Itu Foto Saya. Gambar : Tangkapan Layar Tiktok/pritta.zega

BaperaNews - Hegi Rian Prayoga (28), warga Kabupaten Cirebon, menjadi sorotan publik dan buruan warganet setelah fotonya tersebar luas di media sosial dengan tuduhan terlibat dalam kasus pembunuhan Vina.

Meski Pegi Setiawan alias Perong telah ditangkap polisi dan menjadi tersangka utama dalam kasus ini, banyak warganet yang masih melakukan cocoklogi terhadap foto-foto yang mirip dengan deskripsi pelaku yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).

Hegi, yang biasa dipanggil Egi, mengaku bahwa beberapa foto yang beredar di media sosial memang miliknya, tetapi ia menegaskan bahwa ia bukan pelaku yang dituduhkan.

"Ya, nama saya Hegi Rian Prayoga atau biasa dipanggil Egi. Jadi, foto yang beredar itu beberapa di antaranya benar foto saya,” katanya saat diwawancarai media pada Senin (3/6) malam.

Egi menjelaskan bahwa salah satu foto yang tersebar menunjukkan dirinya mengenakan topi hitam terbalik dengan telinga kiri yang bertindik. Foto ini disandingkan dengan foto Pegi Setiawan yang baru-baru ini ditangkap dan disebut sebagai korban salah tangkap. Foto tersebut disertai teks 'coba netizen sama ga', yang memicu spekulasi dan tuduhan terhadap Egi.

Kemiripan antara Egi dan Pegi, termasuk nama yang hampir sama dan tinggi badan sekitar 160 sentimeter, memperkuat asumsi warganet. Namun, Egi menegaskan bahwa tubuhnya kini lebih gempal dibandingkan foto yang tersebar.

"Awalnya saya juga kaget kenapa bisa viral seperti ini, setelah dicari tahu ternyata disangkutpautkan dengan pelaku kasus Vina dan Eki,” ujar Egi.

Egi mengungkapkan bahwa fotonya mulai viral sekitar dua minggu yang lalu. Pada awalnya, dia mengira itu hanya bercandaan saja dan tidak terlalu menanggapinya serius. Namun, setelah tiga hari, situasinya menjadi semakin serius.

Baca Juga: Pegi Bantah jadi Pelaku Pembunuhan Vina: Bukan Saya, Ini Fitnah, Saya Rela Mati

"Saya juga kaget, tidak menyangka sama sekali," ucapnya.

Selain mengalami tekanan mental, Egi juga mendapatkan ancaman dari warganet.

"Atas viralnya foto saya, saya merasa sangat terganggu, banyak ancaman kepada diri saya pribadi dan keluarga. Ancaman dari warganet, diancam sampai mau dibunuh. Sampai adik saya juga mendapat ancaman akan dirudapaksa dan dibunuh," jelas Egi.

Akibat viralnya foto tersebut, Egi sempat didatangi oleh polisi dari Polda Jabar dan Polres Cirebon Kota tiga hari setelah foto-foto tersebut viral.

"Polisi datang ke rumah menanyakan apakah mengenal korban dan pelaku (kasus Vina), saya jawab jujur sejujurnya tidak kenal. Pada saat kejadian itu saya berada di rumah teman," katanya.

Egi menekankan bahwa foto dengan motor ninja dan jaket XTC yang beredar di media sosial adalah milik temannya yang hanya dia pinjam untuk foto.

"Saya tidak masuk dalam anggota kelompok bermotor," ujarnya.

Kini, setelah memberikan klarifikasi, Egi berharap agar warganet lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial dan tidak menuduh tanpa bukti.

"Foto-foto yang tersebar mungkin ngambil dari akun media sosial saya, nama Facebook saya @Egi Ripraa," pungkasnya.

Sementara itu, kasus utama pembunuhan Vina masih berlanjut. Pegi Setiawan, yang telah ditetapkan sebagai tersangka, terus menyangkal keterlibatannya. Dalam konferensi pers pada Minggu (26/5), Pegi mengaku tidak mengenal para saksi dan menyatakan dirinya tidak bersalah.

"Saya tidak melakukan pembunuhan dan tidak mengenal para saksi," kata Pegi

. "Saya rela mati demi kebenaran," tambahnya.

Pegi dijerat dengan Pasal 340 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dan Pasal 81 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana mati atau seumur hidup. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Jules Abast menyampaikan bahwa tersangka diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Vina dan Rizky alias Egi.

Pegi disebut menyusun rencana untuk menghabisi kedua korban menggunakan kayu, batu, dan senjata tajam.

@baperanews.com

Hegi Prayoga membenarkan bahwa foto yang tersebar di media sosial adalah foto dirinya, tetapi ia membantah bahwa dirinya terlibat dalam kasus pembunuhan Vina. #vina #hegiprayoga ♬ original sound - BAPERA NEWS

Baca Juga: Ibunda Ungkap Pegi alias Perong Berani Sumpah jadi Tumbal Pejabat pada Kasus Pembunuhan Vina