Surabaya Wajibkan Warganya Nyanyi Lagu Indonesia Raya Tiap Jam 7 Pagi

Walikota Surabaya Eri Cahyadi, meminta seluruh warganya menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari jam 7 pagi.

Surabaya Wajibkan Warganya Nyanyi Lagu Indonesia Raya Tiap Jam 7 Pagi
Surabaya Wajibkan Warganya Nyanyi Lagu Indonesia Raya Tiap Pukul 07.00 WIB. Gambar : jtvbojonegoro.com

BaperaNews - Pemerintah Kota Surabaya mewajibkan seluruh warganya menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari jam 7 pagi. Kebijakan berlaku di kantor atau instansi pemerintah seperti sekolah, balaikota, dan kantor pemerintahan lainnya.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya wajib dinyanyikan tiap jam 7 pagi hari di tempat tersebut, kebijakan berlaku mulai hari ini Rabu, 15 Maret 2023.

“Itu tiap hari kita tentukan jamnya di sekolah-sekolah, kita nyanyikan lagu Indonesia Raya sama-sama jam 07.00 WIB, jadi semua sekolah termasuk di balai kota menyanyikannya” tutur Walikota Surabaya Eri Cahyadi pada Senin (13/3).

Eri Cahyadi menyebut ketika lagu Indonesia Raya dinyanyikan secara serentak jam 7 pagi, seluruh masyarakat yang sedang beraktifitas dihimbau untuk menghentikan sementara, masyarakat diminta untuk berdiri, termasuk pada pengendara jalan yang sedang melintas.

“Jadi kegiatan berhenti dulu, di sekitar balai kota misal ada motor atau mobil diberhentikan dulu, kita nyanyikan dulu lagu Indonesia Raya, setelahnya baru lewat lagi” imbuhnya.

Baca Juga : Setelah Pelajar, Kini ASN Disdikbud NTT Masuk Kantor Pukul 05.30!

Eri Cahyadi menyebut, awalnya kebijakan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Surabaya direncanakan hanya diterapkan di sekolah dan kantor pemerintahan, namun kantor lain kemudian diminta ikut melakukannya secara bertahap.

“Jadi kita terapkan di balai kota dan sekolah, di kantor, dimana saja, sambil mengajak warga. Setelah itu semuanya bertahap, kita contohkan dulu, berdiri, enggak boleh duduk” terangnya.

Kebijakan menyanyikan lagu Indonesia Raya di Surabaya ini Eri Cahyadi buat semata untuk tingkatkan rasa cinta pada tanah air, agar masyarakat Surabaya bisa terus terapkan budaya gotong royong antar warga.

“Bangsa kita ini sudah ciptakan kemakmuran dan kesejahteraan, maka kita juga harus punya rasa cinta pada tanah air. Jika memiliki rasa cinta pada bangsa, maka akan memiliki rasa gotong royong, dan rasa cinta itu bisa dibakar dengan lagu Indonesia Raya” pungkasnya.

Eri Cahyadi berharap jika lagu Indonesia Raya selalu dinyanyikan tiap hari, masyarakat bisa memahami dan meresapi makna lagunya.

“Lagu Indonesia Raya itu jangan cuma dihafal, itu di tiap liriknya luar biasa. Ada lirik bangunlah jiwanya bangunlah raganya, maka yang dibangun bukan hanya jiwa tapi juga raga, bukan hanya gotong royong tapi juga batin dan saling menolong. Ini yang ingin saya ajarkan agar anak-anak di Surabaya kelak bisa menjadi pemimpin dengan jiwa kebangsaan yang besar” tutup Eri Cahyadi.

Yuk cintai dan resapi makna lagu Indonesia Raya dan terus tingkatkan rasa cinta pada tanah air kita!

Baca Juga : Direvisi, Kini Jam Masuk Sekolah di NTT Jadi 05.30 Khusus Kelas 3 SMA/SMK