Simak! Syarat dan Cara Naik Kereta Pakai Aplikasi SATUSEHAT

PeduliLindungi telah resmi diganti dengan SATUSEHAT, oleh karena itu aturan naik kereta terdapat perubahan. Berikut syarat dan cara naik kereta pakai SATUSEHAT.

Simak! Syarat dan Cara Naik Kereta Pakai Aplikasi SATUSEHAT
Syarat dan Cara Naik Kereta Pakai SATUSEHAT. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - Aplikasi PeduliLindungi telah resmi lenyap, digantikan oleh SATUSEHAT. Tidak hanya aplikasinya yang lenyap, namun riwayat di dalamnya juga hilang. Bagaimana dampaknya untuk kepentingan cek di stasiun kereta api?

Diketahui sebelumnya PeduliLindungi dipakai salah satunya untuk memeriksa status kesehatan penumpang terkait Covid-19 di stasiun kereta api, bandara, dan tempat-tempat umum lainnya dengan pemindaian barcode untuk mencegah penularan Covid-19.

Jika hasil tes negatif, maka dipersilahkan masuk dan memakai fasilitas publik yang ada. Dan jika positif, diminta untuk berobat atau isolasi mandiri.

Kini PeduliLindungi telah resmi berubah jadi SATUSEHAT per (28/2). Aplikasi SATUSEHAT mulai tersedia sepenuhnya pada (1/3). Ketika migrasi, pengguna juga mengalami masalah login, akibat banyaknya traffic atau pengunjung di aplikasi tersebut.

Vice President Public Relations PT KAI Indonesia Joni Martinus menghimbau agar penumpang menunjukkan dokumen vaksin cetak atau fisik saja atau dokumen softcopy di ponsel ketika hendak masuk stasiun, namun untuk saat ini aplikasi SATUSEHAT tidak lagi eror, bisa dipakai masyarakat dengan lancar.

Berikut cara mengunduh sertifikat vaksin di SATUSEHAT untuk kepentingan naik kereta api di stasiun atau kepentingan publik lainnya, berikut cara naik kereta pakai SATUSEHAT.

Baca Juga : Syarat Naik Pesawat 2023, Wajib Pakai Aplikasi SatuSehat

Cara Naik Kereta Pakai SATUSEHAT :

  1. Login di akun SATUSEHAT Mobile.
  2. Pilih menu Vaksin dan Imunisasi di menu utama.
  3. Pilih Vaksin Dewasa.
  4. Pilih data sertifikat vaksin yang ada untuk didownload.
  5. Klik Unduh Sertifikat.
  6. Sertifikat yang berhasil didownload akan masuk ke folder file di ponsel.

Secara umum, tidak ada perbedaan yang berbeda jauh antara cara kereta pakai SATUSEHAT dengan PeduliLindungi, keduanya sama, hanya perlu login dan memeriksa sertifikat vaksin jika ingin menggunakannya ketika masuk ke tempat umum termasuk stasiun.

Usai resmi luncurkan SATUSEHAT, pemerintah belum membuat aturan baru tentang naik kereta pakai SATUSEHAT, aturan masih sama sesuai SE Kemenhub 84/2022 dan SE Kemenkes HK.02.02/II/3984/2022 tertanggal 19 Desember 2022 yaitu :

Syarat Naik Kereta Pakai SATUSEHAT : 

  1. Syarat Naik Kereta Pakai SATUSEHAT Umur 18 Tahun Ke Atas

o   Wajib vaksin booster pertama (dosis ketiga)

o   WNA luar negeri wajib vaksin kedua

o   Bagi yang belum bisa vaksin tunjukkan surat keterangan dari dokter

  1. Syarat Naik Kereta Pakai SATUSEHAT Umur 6-17 Tahun

o   Wajib vaksin kedua

o   Jika dari perjalanan luar negeri, tidak wajib vaksin

o   Jika belum vaksin sertakan surat keterangan dari dokter

  1. Syarat Naik Kereta Pakai SATUSEHAT Umur Kurang dari 6 Tahun

Tidak wajib vaksin, namun harus didampingi orang dewasa yang telah memenuhi syarat perjalanan.

Baca Juga : Bisa Dipesan! Begini Cara Beli Tiket Kereta Lebaran 2023