Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban 2023 Sesuai Hadits

Menyambut malam yang sangat istimewa dalam Islam, terdapat doa dan amalan malam Nisfu Syaban sesuai hadits. Simak doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban 2023.

Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban 2023 Sesuai Hadits
Ilustrasi Malam Nisfu Syaban. Gambar : Unsplash.com/Dok. Fahrul Azmi

BaperaNews - Malam Nisfu Syaban 1444 Hijriah jatuh pada 7 - 8 Maret 2023. Malam Nisfu Syaban 2023 adalah salah satu hari istimewa yang terdapat di bulan Syaban, tepatnya di malam ke-15 bulan Syaban. Malam spesial ini merupakan waktu yang dimuliakan dalam Islam.

Dalam hadits H.R.Baihaqi, pada malam Nisfu Syaban ini syafaat atau pertolongan Allah SWT tercurahkan secara melimpah. Seluruh catatan amal manusia selama satu tahun diangkat ke hadapan Allah di malam Nisfu Syaban.

“Rahmat Allah SWT turun ke bumi di malam nisfu Syaban. Allah akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (H.R. Baihaqi).

Baca Juga : Kemenag Terbitkan Jadwal Imsak Ramadhan 2023

Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban

Umat Islam biasanya akan melakukan amalan malam Nisfu Syaban, salah satunya adalah puasa sunnah Nisfu Syaban. Berikut bacaan niat puasa Nisfu Syaban untuk kamu yang ingin melaksanakan puasa sunnah Nisfu Syaban.

نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى 

Nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala.  

Artinya: Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala. 

Doa Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban terdapat doa-doa khusus yang bisa dipanjatkan untuk mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Berikut kumpulan doa malam Nisfu Syaban : 

  • Allâhumma yâ dzal manni wa lâ yumannu 'alaik, yâ dzal jalâli wal ikrâm, yâ dzat thawli wal in'âm, lâ ilâha illâ anta zhahral lâjîn wa jâral mustajîrîn wa ma'manal khâ'ifîn.
  • Allâhumma in kunta katabtanî 'indaka fî ummil kitâbi syaqiyyan aw mahrûman aw muqtarran 'alayya fir rizqi, famhullâhumma fî ummil kitâbi syaqâwatî wa hirmânî waqtitâra rizqî, waktubnî 'indaka sa'îdan marzûqan muwaffaqan lil khairât.
  • Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal 'alâ lisâni nabiyyikal mursal, "yamhullâhu mâ yasyâ'u wa yutsbitu, wa 'indahû ummul kitâb" wa shallallâhu 'alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil 'alamîn.

Amalan Malam Nisfu Syaban

Pada hari istimewa dalam Islam ini, tidak hanya puasa, umat Islam biasanya akan melakukan banyak amalan malam Nisfu Syaban, meliputi :

  • Memperbanyak doa kepada Allah SWT
  • Membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya, yaitu "La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah." Dua kalimat syahadat ini dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, terutama pada malam Nisfu Syaban
  • Memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Menempatkan diri serendah-rendahnya untuk mendapatkan ampunan dan pintu maaf dari Allah

Baca Juga : Kapan Puasa 2023? Simak Informasi Lengkapnya!