PSSI Ubah Nama Liga 1 dan Liga 2, Apa Namanya?

Waketum PSSI Ratu Tisha menyampaikan bahwa nama Liga 1 dan Liga 2 akan diubah pada musim mendatang.

PSSI Ubah Nama Liga 1 dan Liga 2, Apa Namanya?
PSSI Ubah Nama Liga 1 dan Liga 2. Gambar : Instagram.com/@pssi

BaperaNews - Nama Liga 1 dan Liga 2 akan diubah pada musim mendatang. Kebijakan PSSI ubah nama Liga disampaikan oleh Waketum PSSI Ratu Tisha pada Sabtu (4/3) di acara Sarasehan Klub Sepakbola Klub Liga 1 & Liga 2 Surabaya.

“Jadi di musim depan, nama Liga 1 diganti jadi Liga Indonesia, dan Liga 2 diganti jadi Liga Nusantara” tutur Ratu Tisha.

Kompetisi Liga 1 maupun Liga 2 akan merebutkan Piala Presiden RI. “Dua-duanya memperebutkan Piala Presiden RI” imbuhnya.

Detail kompetisi saat ini sedang disusun PSSI mulai dari regulasi PSSI ubah nama Liga hingga formatnya. Aturan PSSI ubah nama Liga tersebut juga mengajak para klub berdialog.

“Akan ada detailnya lagi nanti yang akan kami buat, detail dengan format dan regulasi yang ditentukan tim kerja” terangnya. Liga Indonesia diperkirakan akan mulai dilaksanakan pada Juli 2023 dan berakhir di bulan April 2024. Sedangkan Liga Nusantara mulai dilaksanakan pada November 2023 dan berakhir di bulan Juni 2024.

“Jadi seperti apa Liga Indonesia dan Liga Nusantara? dengan ini pendetailan tersebut nanti yang akan kami gaungkan. Terkait izin akan dipusatkan jadi satu. Hal itu yang akan kita deklarasikan” pungkas Ratu Tisha.

Baca Juga : Daftar 20 Negara Lolos Piala Dunia U-20 Indonesia 2023

Adanya perubahan nama Liga 1 dan Liga 2 menjadi Liga Indonesia dan Liga Nusantara ini bukan tanpa alasan, hal ini ialah strategi untuk tingkatkan nilai komersial dari pertandingan Liga di Indonesia. Akan ada slot eksklusif di Liga 1 bermain sendiri, juga ada bermain bersamaan, serta ada pula slot eksklusif Liga 2 yang bermain sendiri.

Harapannya, bisa meningkatkan kualitas nilai dan kompetisi dari liga dan secara tidak langsung berdampak positif untuk pembinaan Timnas Indonesia. “Ini juga termasuk kesejahteraan untuk para klub Liga 1 dan Liga 2” tutup Tisha.

Saat ini Liga 2 2022/2023 yang telah berjalan diputuskan untuk tidak dilanjutkan, diputuskan ketika Rapat Exco PSSI pada Kamis (12/2) lalu. Sedangkan Liga 1 masuk putaran kedua, akan tetap berjalan, namun tanpa degradasi. Liga 2 dihentikan dengan alasan permintaan dari sebagian peserta.

Diketahui sebelumnya terjadi Tragedi Kanjuruhan di Malang yang berdampak pada seluruh laga bola Indonesia, semua pertandingan ditunda untuk dilaksanakan perbaikan di semua sistem sepakbola agar tidak terjadi insiden serupa.

Baca Juga : Imigrasi Akan Rilis Visa Olahraga Khusus Suporter Internasional