Simak! Lowongan CPNS Dibuka Bulan Mei 2024

Informasi resmi tentang rekrutmen CPNS 2024 oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur, termasuk jadwal, prosedur, dan alokasi formasi untuk fresh graduate dan PPPK.

Simak! Lowongan CPNS Dibuka Bulan Mei 2024
Simak! Lowongan CPNS 2024 Dibuka Bulan Mei 2024. Gambar : Dok. Kemendikbud

BaperaNews - Pelaksanaan rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS 2024 telah resmi diumumkan oleh Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PAN-RB), Aba Subagja. Menurutnya, rekrutmen ini dijadwalkan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2024.

Dalam keterangannya, Aba Subagja menjelaskan bahwa pelaksanaan rekrutmen CPNS 2024 direncanakan akan dilakukan paling banyak tiga kali dalam satu tahun, memberikan peluang kepada para pelamar yang belum berhasil pada tahap sebelumnya.

Tahap pertama diharapkan dapat dilaksanakan pada bulan Mei, dan apabila masih terdapat formasi yang kosong, tes akan tetap dilakukan pada tahap berikutnya.

Beliau menegaskan bahwa pada tahap awal, seluruh Kementerian, Lembaga, dan Daerah diharapkan dapat memasukkan data ke dalam platform digital yang disediakan.

Pengumuman mengenai lowongan CPNS 2024 baru saja diumumkan sehingga Aba Subagja meminta instansi pusat dan daerah segera mengusulkan kebutuhan ASN tahun 2024 hingga batas waktu penerimaan pada tanggal 31 Januari 2024.

Baca Juga: KemenPANRB dan BKN Matangkan Teknis Seleksi CPNS 2024, 690 Ribu Formasi Akan Terbuka!

"Pengusulan tersebut harus disampaikan kepada Kementerian PAN-RB melalui aplikasi formasi elektronik (e-formasi)," tambahnya.

Aba Subagja menegaskan bahwa alokasi formasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun ini cukup besar, khususnya bagi para fresh graduate. Alokasi tersebut mencakup berbagai sektor, mulai dari dosen, guru, tenaga kesehatan, hingga tenaga teknis dan talenta digital.

Totalnya, terdapat 2,3 juta formasi yang dibuka untuk pelaksanaan CPNS 2024, dengan rincian sebanyak 690.822 formasi untuk fresh graduate dan 1,6 juta formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menanggapi alokasi yang diberikan pemerintah, Aba Subagja menyatakan bahwa pertumbuhan jumlah pegawai pemerintah terus berkembang seiring dengan penambahan formasi yang telah dikeluarkan. Oleh karena itu, pihaknya mengajak untuk memastikan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dilakukan secara tepat dan sesuai dengan kebutuhan yang riil.

Baca Juga: Sebagian Fresh Graduate yang Lolos CPNS 2024 Akan Dikirim ke IKN