Simak! 5 Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya untuk percantik penampilan, tapi gigi juga berpengaruh untuk kesehatan tubuh. Inilah 5 makanan bernutrisi menurut para ahli kesehatan yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan gigi dan tubuh!

Simak! 5 Makanan Bernutrisi Untuk Menjaga Kesehatan Gigi
Ilustrai Gigi. Gambar : Freepik.com/ Dok. Asierromero

BaperaNews - Gigi tidak hanya berguna sebagai mempercantik penampilan, gigi dan mulut ternyata bisa menjadi pintu gerbang kesehatan tubuh. Ketika kondisi gigi tidak sehat bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri serta rasa sakit pada saat digunakan untuk mengunyah makanan. Tidak hanya itu, kondisi gigi yang tidak sehat bisa mempengaruhi pertumbuhan dan daya tahan tubuh, sehingga penting untuk kita semua menjaga kesehatan gigi, terutama sejak masa pertumbuhan anak. 

Kerusakan gigi dan mulut bukanlah penyakit yang menular dan semua orang bisa terjangkit penyakit tersebut, misalnya penyakit karies. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO), 90 persen anak-anak yang berusia 6 tahun memiliki penyakit karies gigi, di negara-negara eropa juga hampir 100 persen orang dewasa pernah mengalami penyakit karies gigi.

Dilansir dari healthinfo.healthengine.com, penyebab utama yang membuat gigi rusak adalah mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, salah satu jenis makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang mengandung banyak gula, baik dalam bentuk permen atau jenis makanan lainnya yang memiliki gula berlebih. Jika, gigi sudah tidak sehat atau rusak yang biasa sering kita sebut gigi berlubang, harus melakukan tambal gigi karena gigi bukanlah jaringan hidup yang bisa melakukan regenerasi. 

Baca Juga : 6 Alasan Gigi Berlubang Meski Sudah Rajin Menyikat dan Flossing

Lalu, jenis makanan bernutrisi seperti apa yang bisa menyehatkan gigi dan terhindar dari kerusakan gigi? Sebelum kalian mengetahui hal itu, sebaiknya kalian harus tahu nutrisi yang bagus dan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Zat-zat tersebut diantaranya adalah makanan bernutrisi  yang memiliki zat kalsium, fosfor, fluoride, vitamin A, vitamin D, dan vitamin C. 

Dilansir dari dinkes.slemankab.go.id, ada lima makanan bernutrisi yang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut agar tidak menimbulkan gigi rusak. 

Berikut ini lima makanan yang mengandung nutrisi untuk kesehatan gigi dan mulut :

  1. Susu

Susu memiliki banyak kandungan kalsium yang berfungsi untuk menguatkan gigi. Selain itu juga, susu memiliki kandungan kasein yang mampu menghambat penyakit karies gigi. Banyak anak-anak yang menyukai susu, tetapi mereka juga bisa menderita penyakit karies gigi, kenapa bisa? Hal tersebut disebabkan oleh perilaku yang salah ketika memberikan susu kepada anak-anak. Misalnya, memberikan susu lewat botol dot dan memberikan susu saat menjelang tidur dan juga dibiasakan menambahkan gula pada susu, itulah yang menyebabkan susu bisa menimbulkan penyakit karies gigi

  1. Ikan Teri

Lauk ikan yang kecil ini ternyata manfaatnya tidak sekecil ukurannya. Menurut penelitian para ahli kesehatan, ikan teri banyak mengandung nutrisi kalsium dan fluor, kalsium yang tinggi sangat baik dan bagus untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis), sedangkan fluor dapat mencegah penyakit karies gigi

  1. Cokelat

Kebanyakan orang tua melarang anaknya untuk makan cokelat. Mereka menganggap cokelat adalah makanan yang tidak sehat karena bisa menyebabkan kerusakan gigi atau gigi berlubang, ternyata pernyataan itu tidaklah benar. Biji kakao merupakan bahan untuk membuat cokelat yang mengandung anti-bakteri dan dapat menghambat perlekatan bakteri di permukaan gigi

Hal tersebut dibuktikan oleh peneliti dari University Of Tulane yakni Arman Sadeghpour, dia mengungkapkan bahwa ekstrak biji kakao lebih efektif daripada fluor dalam menyembuhkan lubang gigi. Sedangkan yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi cokelat adalah gula yang terkandung di dalamnya, ketika ingin menikmati lezatnya coklat sekaligus merasakan manfaatnya dengan cara konsumsi cokelat yang tidak berlebih dan jangan lupa menggosok gigi setelah makan cokelat. 

Baca Juga : Cara Meredakan Sakit Gigi, Apakah Paracetamol Bisa Meredakan Sakit Gigi?

  1. Keju

Keju merupakan salah satu makanan bernutrisi yang memiliki sumber kalsium, keju juga berperan penting dalam melindungi gigi dari penyakit karies gigi, keju juga terbukti untuk memperkuat gigi dengan cara mencegah adanya demineralisasi gigi, mempercepat aliran air liur dan meningkatkan PH Saliva. 

  1. Buah-Buahan

Selain bermanfaat untuk pencernaan, buah-buahan juga bagus untuk menjaga kesehatan gigi. Misalnya buah jeruk, nanas, raspberry, kiwi, dan melon yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan baik untuk kesehatan gigi. Buah apel juga merupakan buah yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi karena apel dapat mengurangi plak pada gigi. Selain itu, buah apel juga salah satu makanan bernutrisi  yang terbaik untuk menguatkan gigi

Nah itu dia lima makanan bernutrisi  yang sudah terjamin manfaatnya dan mengandung banyak nutrisi untuk menjaga kesehatan gigi agar tidak menimbulkan penyakit karies gigi ataupun kerusakan gigi