Sempat Hilang, Ketua DPRD Rembang Ternyata Ditahan Otoritas Saudi

Keberadaan Supadi, Ketua DPRD Rembang, terkuak setelah ditahan di Arab Saudi karena masalah visa ziarah.

Sempat Hilang, Ketua DPRD Rembang Ternyata Ditahan Otoritas Saudi
Sempat Hilang, Ketua DPRD Rembang Ternyata Ditahan Otoritas Saudi. Gambar: Dok. Wakil Ketua DPRD Rembang M Bisri Cholil Laqouf

BaperaNews - Keberadaan Supadi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rembang, yang sempat hilang kontak setelah izin naik haji, akhirnya terkuak.

M Bisri Cholil Laqouf, atau yang akrab disapa Gus Gipul, Wakil Ketua DPRD Rembang, mengungkapkan bahwa Supadi ditahan oleh otoritas Kerajaan Arab Saudi karena pelanggaran terkait visa ziarah.

Gus Gipul mengungkapkan bahwa keberadaan Supadi terungkap setelah kontak dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) di gedung Pelayanan Pelindungan Warga Negara Indonesia.

Menurutnya, Supadi memasuki Kota Makkah pada 4 Juni dengan menggunakan visa ziarah, namun pada 9 Juni ia tertangkap dalam razia karena melanggar peraturan keimigrasian Saudi yang telah menutup akses untuk visa ziarah sejak 23 Mei.

"Ketika berkunjung ke rumah temannya, Supadi tertangkap dalam razia. Di sana ditemukan beberapa dokumen dan peralatan seperti komputer dan printer, serta beberapa orang yang sedang belajar di sana," ungkap Gus Gipul.

Baca Juga: WNI Sempat Hilang di Jepang, Ternyata Ditangkap Bawa Sabu

Ketua DPRD Rembang, Supadi, merupakan tokoh penting dalam politik lokal yang kini menghadapi tantangan hukum di luar negeri.

Kasusnya menyoroti pentingnya mematuhi aturan imigrasi dalam kunjungan ke luar negeri, terutama terkait dengan perjalanan haji dan ziarah ke Tanah Suci.

Kementerian Luar Negeri Indonesia telah memberikan pernyataan bahwa mereka terus mengawasi perkembangan kasus Supadi dan berkomunikasi dengan pihak berwenang Saudi untuk mencari solusi yang terbaik dalam kasus ini.

Meskipun demikian, belum ada kepastian mengenai proses hukum lebih lanjut yang akan dihadapi oleh Supadi di Saudi.

Baca Juga: Mainan Air saat Banjir, Bocah 6 Tahun di Bekasi Hilang Terperosok ke Selokan