Resmi! Jokowi Lantik 2 Menteri Dan 3 Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju

Presiden Jokowi secara resmi melantik dua orang Menteri dan tiga orang wakil Menteri baru, lima orang tersebut bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

Resmi! Jokowi Lantik 2 Menteri Dan 3 Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo resmi lantik 2 Menteri dan 3 Wakil Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju 2022. Gambar : Youtube.com/Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden Jokowi secara resmi melantik dua orang Menteri dan tiga orang wakil Menteri baru, lima orang tersebut bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menteri yang dilantik tersebut yaitu :

  1.       Zulkifli Hasan (Ketum PAN) sebagai Menteri Perdagangan.
  2.       Hadi Tjahjanto (Mantan Panglima TNI) sebagai Menteri ATR/BPN.
  3.       Raja Juli Antoni (Dewan Pembina PSI) sebagai Wamen ATR/BPN.
  4.       John Wempi Watipo sebagai Wamendagri.
  5.       Afriansyah Noor (Sekjen PBB) sebagai Wamenaker.

Zulkifli Hasan menggantikan Muhammad Luthfi, Hadi Tjahjanto menggantikan Sofyan Djalil, keduanya dilantik berdasar Perpres No. 64/P th 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Sedangkan tiga Wakil Menteri yang dilantik berdasarkan Keppres No. 24/M th 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Proses pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta Pusat hari Rabu 15 Juni 2022, pelantikan tersebut sekaligus menjadi akhir banyaknya spekulasi yang muncul dalam reshuffle kabinet Jokowi.

Acara pelantikan diawali dengan bernyanyi bersama lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan membacakan keputusan Presiden tentang Pengangkatan Menteri dan Wakil Menteri di sisa jabatan Jokowi pada periode 2019 – 2024.

Baca Juga : Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan Baru yang Dilantik Jokowi

Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan, “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD RI 1945 serta menjalankan segala peraturan Perundang-undangan dengan seluruhnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan Negara” demikian bunyi petikan sumpah jabatan yang dibacakan untuk diikuti pejabat yang dilantik.

Proses pelantikan tidak berjalan lama, usai membacakan sumpah, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada Menteri dan Wakil Menteri barunya yang baru saja dilantik, secara bergiliran, para pejabat undangan yang hadir juga mengucapkan selamat.

Diantara para undangan yang hadir ialah Ketum NasDEM Surya Paloh, ketum Gerindra prabowo Subianto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartanto, Ketum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri.

Acara pelantikan dilaksanakan pada Rabu 15 Juni 2022 pukul 13.30 WIB, acara resmi ini juga disiarkan secara langsung di YouTube Sekretariat Presiden, acara pelantikan saat ini telah selesai, namun Anda masih bisa menyaksikannya dengan membuka kanal YouTube Sekretariat Presiden tersebut.