Seleksi CASN Terus Diundur, MenPAN-RB Buka Suara

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan penyebab penundaan seleksi CASN 2024 dan kapan pengumuman resminya akan dilakukan.

Seleksi CASN Terus Diundur, MenPAN-RB Buka Suara
Seleksi CASN Terus Diundur, MenPAN-RB Buka Suara. Gambar: Dok.Bungko

BaperaNews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menanggapi penundaan pembukaan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang terus diundur.

Awalnya, seleksi CPNS dijadwalkan dibuka pada Juni, kemudian ditunda hingga Juli, namun hingga kini belum ada kejelasan.

Anas menjelaskan bahwa penundaan ini disebabkan oleh beberapa kementerian dan lembaga (K/L) yang belum mengirimkan formasi.

"Jadi kenapa agak terlambat? Ada beberapa K/L kami kejar supaya cepat mengusulkan formasi ke kami. Jangan sampai setelah ujian ada ribut," kata Anas kepada media di Jakarta, Senin (29/7).

Pemerintah masih menunggu pengusulan formasi dari berbagai K/L agar bisa memverifikasinya sesuai dengan kebutuhan nasional. Contohnya, jika yang dibutuhkan adalah auditor, tetapi yang diusulkan adalah tenaga teknis.

"Misalnya, kita minta ada auditor ternyata mereka nggak usulkan. Yang diusulkan tenaga teknis. Padahal tenaga teknis kita kurangi karena terdisrupsi digital. Sehingga dari situ kita perlu verifikasi kadang yg diusulkan belum sesuai dengan arahan dan target prioritas," jelas Anas.

MenPAN-RB menegaskan bahwa verifikasi formasi ini diperlukan untuk memastikan bahwa kebutuhan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan target prioritas. Proses ini memakan waktu karena setiap formasi yang diusulkan harus diverifikasi dengan cermat.

Baca Juga: Ini 8 Instansi yang Buka pada Pendaftaran CASN 2024 untuk Lulusan SMA dan SMK

Anas menyebutkan bahwa pembukaan seleksi CASN akan diumumkan sekitar Agustus, setelah proses verifikasi selesai. Saat ini, sudah sekitar 97% formasi CASN untuk tahun ini telah diverifikasi.

Meski proses verifikasi hampir selesai, pengumuman resmi pembukaan seleksi CASN baru akan dilakukan setelah semua formasi telah dipastikan sesuai dengan kebutuhan.

Lebih lanjut, Anas juga menekankan bahwa seleksi CPNS tidak akan terpengaruh oleh pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Karena yang menentukan PNS bukan bupati, bukan lagi kepala daerah, tapi sistem. Jadi, tidak ada korelasi antara pilkada dengan proses rekrutmen PNS. Ini PNS sudah selesai verifikasinya 97% CPNS sehingga dalam waktu dekat akan segera diumumkan sekitar Agustus untuk rekrutmen CPNS," terangnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mohammad Averrouce, mengatakan bahwa pengadaan untuk seleksi CPNS dan PPPK masih dalam tahap verifikasi rincian formasi.

"Saat ini pengadaan CASN 2024 lanjutan masih dalam tahap verifikasi dan validasi (verval) rincian formasi yang sudah diinput oleh masing-masing instansi pemerintah," kata Averrouce pada Jumat (26/7).

Averrouce menjelaskan bahwa pemerintah telah memulai seleksi CPNS untuk sekolah kedinasan pada Mei lalu. Namun, seleksi CPNS dan PPPK umum masih dalam tahap penyiapan.

Ia menambahkan bahwa Kementerian PAN-RB tidak ingin terburu-buru dalam membuka seleksi CPNS agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Untuk pembukaan CASN 2024 akan dilakukan jika tahapan verval dan persiapan instrumen baik regulasi maupun sistem sudah siap. Kami tidak ingin terburu-buru. Oleh karena itu, kami pastikan semuanya on the track dan meminimalisir kelalaian atau kesalahan sedetail mungkin," jelas Averrouce.

Baca Juga: Dibuka Sebanyak 3 Kali, Catat Jadwal Seleksi CASN 2024