Seekor Hiu Serang 4 Orang Saat Liburan di Pulau Padre Selatan

Empat orang perempuan terluka dalam serangan hiu di Pulau Padre Selatan, Texas. Baca selengkapnya di sini!

Seekor Hiu Serang 4 Orang Saat Liburan di Pulau Padre Selatan
Seekor Hiu Serang 4 Orang Saat Liburan di Pulau Padre Selatan. Gambar: Kolase Tangkapan Layar/@w0ahkris

BaperaNews - Empat orang bertemu seekor hiu saat liburan Hari Kemerdekaan di Pulau Padre Selatan, Texas. Menurut laporan dari Texas Parks and Wildlife Department, dua orang digigit oleh hiu tersebut, sementara dua orang lainnya mengalami cedera saat berusaha membantu korban gigitan.

Pada hari itu, kehebohan terjadi ketika dua remaja perempuan yang sedang bermain di perairan dangkal mulai berteriak.

"Hiu!" ujarnya.

Nereyda Bazaldua, ibu dari salah satu korban, menceritakan bahwa putrinya yang berusia 18 tahun, Victoria, keluar dari air dengan darah mengalir di kakinya.

"Hiu itu mendorongnya, lima hingga enam giginya menggores kakinya," kata Bazaldua. Beruntung, luka-lukanya tidak terlalu dalam.

Dua korban gigitan lainnya dibawa ke Valley Regional Medical Center di Brownsville. Satu orang dirawat di tempat, sementara yang lainnya harus diterbangkan untuk perawatan lebih lanjut. Korban ketiga mengalami cedera ringan saat berusaha membantu salah satu korban gigitan.

Menurut Bazaldua, hiu tersebut berada di perairan selama 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya pergi.

Dua agen Patroli Perbatasan yang sedang tidak bertugas dari Unit Pencarian, Trauma, dan Penyelamatan berhasil menarik salah satu korban keluar dari air dan menggunakan torniket pada kakinya.

Baca Juga: Pesawat Delta Airlines Alihkan Penerbangan Gegara Suguhkan Makanan Basi ke Penumpang

Pihak berwenang setempat, termasuk patroli pantai, pemadam kebakaran, dan polisi, melakukan patroli sepanjang pantai dan menggunakan drone untuk memantau keberadaan hiu tersebut.

Kepala Pemadam Kebakaran South Padre Island, Jim Pigg, menyebut insiden ini sebagai kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya di wilayah tersebut.

“Ini adalah kejadian yang belum pernah terjadi sebelumnya di South Padre Island,” katanya.

Menurutnya, ada dua insiden gigitan hiu yang terjadi di waktu dan lokasi yang berbeda pada hari itu. 

Setelah laporan serangan tersebut, helikopter dari Texas Department of Public Safety terbang rendah di atas South Padre Island dan menggunakan langkah-langkah pencegahan untuk menjaga hiu agar tidak mendekati pantai.

"Departemen Keselamatan Publik Texas membantu pihak berwenang setempat dengan serangan hiu," kata Letnan Chris Olivarez.

Olivarez juga membagikan video dari helikopter yang menunjukkan seekor hiu berenang melawan ombak pada Kamis sore.

Patrick McNulty, walikota South Padre Island, menyampaikan belasungkawa dan harapan agar para korban segera pulih.

“Hati dan doa kami bersama mereka yang terluka dan keluarga mereka, dan kami berharap mereka segera pulih,” katanya.

Menurut International Shark Attack File yang dikelola oleh University of Florida, sejak tahun 2012, Texas telah melaporkan kurang dari 10 serangan hiu.

Angka ini jauh di bawah Florida yang memimpin dengan 259 serangan, diikuti oleh Hawaii (76), South Carolina (45), North Carolina (31), dan California (29). Laporan ini menunjukkan bahwa pertemuan dengan hiu di Texas jarang terjadi dan biasanya merupakan kasus salah identifikasi oleh hiu yang mencari makanan.

Meskipun insiden serangan hiu di Pulau Padre Selatan ini merupakan kejadian langka, tetap penting untuk selalu waspada saat berada di perairan.

Menghindari berenang sendirian dan tetap berada di perairan dangkal bisa menjadi langkah pencegahan yang baik. Pihak berwenang terus memantau situasi untuk memastikan keselamatan para pengunjung pantai.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga: Jepang Keluarkan Uang Kertas Baru, Lebih Susah Dipalsukan