Top 3 Tekno, Video Deepfake Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Jadi Sorotan

Video deepfake yang menampilkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta warga untuk menyerah menjadi salah satu sorotan publik!

Top 3 Tekno, Video Deepfake Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Jadi Sorotan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Gambar: AP Phorto

BaperaNews - Video deepfake yang menampilkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta warga untuk menyerah menjadi salah satu sorotan berita teknologi terbaru kali ini, selain itu ada juga permintaan Zelensky yang ditolak Meta dan Misi ke planet Mars batal imbas invasi Ukraina. Berita teknologi populer dalam 24 jam terakhir memang berhubungan dengan dunia internasional yang sedang panas akibat perang Rusia dan Ukraina dimana perang tidak hanya memberi pengaruh pada militer, namun juga dunia teknologi, berikut kami sajikan rangkumannya untuk Anda.

  1.       Video deepfake Zelensky

Sebuah video deepfake viral menunjukkan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta semua warga Ukraina menyerah ke Rusia, video memperlihatkan seseorang dengan wajah Zelensky berdiri di belakang podium dan menyebut tidak mudah menjadi presiden, lalu dia mengatakan telah memutuskan untuk kembalikan Donbas, Ukraina Timur ke Rusia serta upaya pasukannya sudah gagal.

Namun video deepfake tersebut mudah dikenali sebagai deepfake atau palsu dimana terlihat wajah dan kepala Volodymyr Zelensky bergerak tidak pas dengan badan orang yang sedang berdiri tersebut, namun tetap saja video tersebut menjadi populer di media social sebab berhubungan dengan kondisi Ukraina dan Rusia yang sedang berperang.

Baca Juga: Rangkuman Situasi Terkini Rusia vs Ukraina, Sabtu 19 Maret

  1.       Permintaan Zelensky ditolak Meta, Rusia Tuding Youtube dan Google Teroris

Volodymyr Zelensky sebelumnya meminta Meta, induk dari Facebook dan Instagram memblokir layanan Facebook di Rusia, namun ditolak oleh Meta. Wakil Presiden Meta, Nick Clegg hanya menyampaikan perusahaan tersebut memberi pembaruan informasi dan membantu Ukraina dalam konflik, sedangkan untuk Facebook hanya dibatasi operasionalnya di Rusia. Namun Rusia yang secara resmi memblokir Facebook per tanggal 5 Maret 2022 sebab pemerintah Rusia menganggap Facebook diskriminasi terhadap Rusia.

Regulator Rusia pada hari Jumat 18 Maret 2022 juga menuding You Tube dan Google melakukan kegiatan teroris dan mengancam kesehatan warga Rusia, Badan Pengawas menyorot pengguna Youtube yang menyebar seruan untuk menutup jalur komunikasi Rusia dan Belarus. Badan Pengawas Rusia meminta kedua perusahaan tersebut untuk “berhenti menyiarkan video anti Rusia sesegera mungkin”.

  1.       Misi ke Mars Ditangguhkan

Badan Antartika Eropa (ESA) secara resmi menyatakan penangguhan misi ke Mars Rusia-Eropa pada hari Kamis 17 Maret 2022, keputusan dibuat hingga waktu yang belum bisa ditentukan. “Sebagai organisasi antar pemerintah yang diberi mandate untuk mengimplementasikan dan mengembangkan program  luar angkasa, kami sangat menyesalkan korban manusia dan konsekuensi tragis dari agresi kepada Ukraina” ujar ESA dalam pernyataan resminya.

Baca Juga : Update Terkini Kondisi Jepang Pasca Gempa M 7,3