2 Tahun Pandemi covid-19, Distrik Arguni Bawah Papua Barat Tak Tersentuh Vaksin

Pemerintah mengklaim pandemi covid-19 sudah mulai reda berkat adanya vaksin covid-19, namun kenyataannya warga Papua Barat di Distrik Arguni Bawah mengakui belum pernah mendapatkan suntik vaksin covid-19!

2 Tahun Pandemi covid-19, Distrik Arguni Bawah Papua Barat Tak Tersentuh Vaksin
2 Tahun Pandemi covid-19, Distrik Arguni Bawah Papua Barat Tak Tersentuh Vaksin. Gambar: cnnindonesia.com

Baperanews - Pandemi covid-19 di Indonesia sudah terjadi lebih dari dua tahun, Pemerintah menyebut covid-19 sudah mulai diatasi berkat adanya vaksin covid-19 dan berbagai aturan protokol kesehatan , namun warga Papua Barat di Distrik Arguni Bawah belum pernah sama sekali mendapatkan suntikan vaksin covid-19.

Kepala Kampung Kufuriyai Distrik Arguni Bawah, Beatris Tefruam mengungkap, selama 2 tahun terjadi pandemi covid-19, warganya hanya mendapatkan dana untuk masker dan vitamin. “Semua, belum vaksin semuanya, kalau dana covid-19 ada, beli masker, beli vitamin” ujarnya hari Rabu 16 Maret 2022.

Beatris juga mengatakan hingga kini belum ada vaksin masuk ke kampungnya, sehingga warga yang ingin mendapat vaksin covid-19 harus pergi ke Kabupaten terdekat seperti Kabupaten Kaimana, namun jaraknya masih jauh sekitar 170 km.

Untuk bisa sampai ke Kaimana, ia dan warganya harus menyeberangi lautan, dan biayanya juga mahal, mencapai Rp 3 juta. “Sampai saat ini belum ada stok vaksin yang masuk, jadi kalau warga disini harus vaksin ke kota, ke Kabupaten Kaimana saja, taruh saja Rp 3 juta bolak balik” jelasnya.

Baca Juga: Kondisi Perkemahan Titik 0 IKN Usai Ditinggalkan Rombongan Presiden

Sekretaris Jenderal Kesehatan Masyarakat, Siti Nadia justru memberikan keterangan berbeda, ia mengaku pihaknya sudah mengirim vaksin covid-19 ke Papua Barat dan seharusnya sudah terdistribusi ke seluruh kampung di Kaimana.

“Kalau vaksin sudah terdistribusi di tingkat Provinsi di Papua Barat, harusnya juga sudah dikirim stok vaksinnya ke Dinas Kesehatan Kota masing-masing” ujarnya hari Jumat 18 Maret 2022. Namun pada kenyataannya di lapangan, banyak warga yang kesulitan untuk mendapatkan vaksin dan harus mengeluarkan dana banyak serta perjalanan jauh untuk bisa mendapatkan vaksin covid-19.

Presiden Jokowi, dilansir dari situs Kominfo pada tanggal 3 Oktober 2021 memastikan Vaksin merata dari Sabang sampai Merauke. “Siang hari ini saya datang ke Merauke, Papua untuk melihat program vaksinasi yang dilaksanakan, saya ingin memastikan bahwa dari Sabang sampai Merauke pemerataan vaksin itu ada dan vaksinasi berjalan dengan baik” ujar Jokowi.

Tentunya masyarakat di Distrik Arguni berharap keluhan mereka ini bisa didengar pihak terkait dan memberikan solusi yakni memberikan layanan vaksin covid-19 secara merata di seluruh wilayah Papua dan seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bebas Dari Sukamiskin, Ini Perjalanan Kasus OC Kaligis, Ditangkap KPK Di Hotel Borobudur