Rangkuman Situasi Terkini Rusia vs Ukraina, Sabtu 19 Maret

Berikut rangkuman situasi Terkini Rusia vs Ukraina dimana Walikotw Ukraina dibebaskan oleh Rusia dan 9 WNI Indonesia berhasil di evakuasi dari Ukraina. Simak Rangkumannya!

Rangkuman Situasi Terkini Rusia vs Ukraina, Sabtu 19 Maret
Situasi Ukraina Hari Ini. Gambar : REUTERS/GLEB GARANICH

BaperaNews - Kami sajikan kabar terbaru perang Rusia dan Ukraina sepanjang hari untuk Anda selama perang masih terjadi, kami akan berikan informasi terbaru apa saja yang terjadi di kedua Negara dan sejumlah berita lain yang terkait.

Hari ini seperti biasa kami juga membuat rangkuman situasi terbaru di Rusia dan Ukraina yang terjadi hari Sabtu ini 19 Maret 2022. Berikut rangkumannya : 

  1.       Rusia Bebaskan Walikota Ukraina, Viktor

Kepala Administrasi Negara Area Kharkiv, Syniehubov menyampaikan  Viktor Tereshchenko, walikota Velykoburlutska telah dibebaskan setelah sebelumnya dikabarkan ditangkap oleh pasukan Rusia, ia menyebut Victor sedang di rumah sakit dan menjalani perawatan, namun tidak dijelaskan bagaimana kondisi detailnya.

  1.       Pernyataan Rusia dan Putin

-          Dewan Eropa adalah alat Russophobia barat

Rusia menyebut dewan Eropa sudah jadi alat untuk melayani kepentingan barat, menempatkan layanan kepentingan blok di atas hukumnya sendiri. Hal ini disampaikan Zakharova, Jubir Kemenlu Rusia, “Karena aktivitas itu, dewan Eropa kehilangan tujuannya, Rusia tidak menerima pengawasan Brussel dalam masalah HAM” ujarnya.

Baca Juga : Update Terkini Kondisi Jepang Pasca Gempa M 7,3

-          Putin Sebut Ukraina Lakukan Kejahatan Perang

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan melalui Presiden Prancis, Emmanuel Macron bahwa kejahatan perang sepanjang hari dilakukan pasukan keamanan Ukraina, terutama tentang serangan roket dan artileri besar di Kota Donbas, “Kami melakukan yang terbaik untuk kehidupan warga sipil yang damai dan mengatur evakuasi aman untuk mereka” ujarnya.

-          Rusia Klaim Tak Bertujuan Hancurkan Ukraina

“Saya tekankan operasi militer ini tidak ditujukan untuk penduduk sipil” ujar Zakharova. “Operasi ini tidak bermaksud merebut wilayah, menghancurkan, atau menggulingkan Negara lain, Ukraine merusak informasi penduduk mereka sendiri dan menjadikan alat propaganda politisi mereka, senjata kami hanya untuk infrastruktur militer” tambahnya.

-          Rusia Klaim Punya Bukti Senjata Biologis Ukraina

“Senjata biologis sedang dibuat di Ukraina”, ujar perwakilan dari Rusia, Igor Kirilov. “Kami punya dokumen per tanggal 6 Maret 2015 tentang keterlibatan AS dalam membiayainya, kamis duah punya bukti dokumen rincian aktivitas materi biologi untuk kepentingan militer di Ukraina termasuk eksperimennya pada hewan” ucapnya.

  1.       9 WNI Indonesia berhasil Dievakuasi dari Ukraina

9 warga Indonesia yang bekerja di Pabrik Plastik Cherniv sebelumnya sempat terjebak di Ukraina yang sedang perang melawan Rusia, namun kini sudah berhasil dievakuasi oleh Pemerintah Indonesia dengan selamat pada hari Jumat 18 Maret 2022. Hingga kini, masih ada 23 WNI yang belum dievakuasi karena lebih memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga, ada juga 9 orang staff KBRI yang memutuskan untuk tetap berada di Lviv.

Baca Juga : Pemerintah Dianggap Kurang Usaha Selamatkan 2 WNI Dari Eksekusi Mati